Aplikasi Inventaris Perusahaan untuk Pengelolaan Aset

by | Jun 25, 2022 | Blog, Manajemen Inventaris

Sebagai pelaku bisnis, apakah Anda sudah familiar dengan aplikasi inventaris perusahaan? Aplikasi inventaris perusahaan bisa menjadi terobosan terbaik era digital untuk menunjang bisnis Anda.

Pengelolaan segala peralatan perusahaan merupakan aktivitas yang esensial bagi sebuah perusahaan. Dengan mengelola segala peralatan penunjang kinerja sebuah bisnis, maka trafik peralatan, pemeliharaan, dan pengambilan keputusan dapat terlaksana dengan lebih baik. Tentu saja hal tersebut selaras dengan masa depan perusahaan yang cerah karena bisnis berjalan dengan baik.

Proses pengelolaan alat merupakan bagian dari manajemen inventaris perusahaan. Aplikasi inventaris perusahaan akan sangat mempermudah prosesnya karena sistemnya terintegrasi dengan proses bisnis lainnya. Jika dapat melakukan segala aktivitas yang berkaitan dengan kinerja perusahaan dalam satu platform, kenapa tidak?

Pengelolaan Inventaris Perusahaan

Inventaris peralatan perusahaan wajib dikelola dengan baik. Pengelolaan inventaris menghindarkan ruang penyimpanan atau gudang menjadi berantakan dan tidak teratur. Aktivitas tersebut dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja perusahaan tentunya.

Segala informasi hasil dari pengelolaan inventaris perusahaan akan sangat berguna bagi para manajer untuk pengambilan keputusan dalam pengadaan maupun produksi barang. Selain itu, pengelolaan inventaris juga dapat membantu bagian operasional perusahaan untuk memantau aset tetap atau inventaris itu sendiri, terlebih untuk bisnis skala besar yang mempunyai jumlah peralatan dengan jumlah besar juga yang terlibat dalam kinerja perusahaan.

Mengapa Pengelolaan Inventaris Penting untuk Operasional Bisnis?

Jika inventaris perusahaan terkelola dengan baik dan tertata rapi, ketika seorang pekerja memerlukan suatu peralatan untuk menunjang pekerjaan, dia akan dengan mudah menemukan peralatan tersebut. Hal tersebut tentu akan menjadikan pekerjaan lebih efektif karena waktu bekerja tidak terbuang hanya untuk mencari letak suatu alat, atau mencari informasi ketersediaan alat. Alhasil, bisnis pun berjalan lebih lancar bukan?

Mungkin terdengar sepele, namun pemeliharaan penataan peralatan perusahaan yang tidak baik dapat mengakibatkan perusahaan kehilangan beberapa keuntungan dan membuka peluang hal kurang baik terjadi, seperti tidak terlacaknya jika suatu alat hilang, kemudian kebingungan pekerja untuk menemukan alat tertentu sehingga memangkas waktu bekerja, dan permasalahan lainnya.

1. Peralatan Kecil Tetaplah Penting

Kecil namun penting. Peralatan sekecil apapun tetap penting untuk menunjang kinerja perusahaan misalnya stapler, kabel charger, alat tulis, kertas, dll. Benda-benda kecil tersebut bisa dengan mudah hilang jika tidak terkelola. Meskipun terlihat sepele, namun benda-benda tersebut sering digunakan secara umum dalam bermacam-macam jenis pekerjaan.

Jika hilang, tentu Anda akan mengambil yang baru dari stok inventaris. Mungkin memang harga benda-benda tersebut tidak terlalu mahal. Namun, jika sering hilang dan perlu untuk membeli baru lagi dan lagi sebagai inventaris, tentu jadinya akan memakan biaya dan berkontribusi membengkakkan anggaran belanja.

2. Para Pekerja selalu Tahu Informasi Ketersediaan Peralatan

Mengetahui apa yang ada dan apa yang tidak menghindarkan para pekerja dari kepanikan di menit-menit terakhir akan menggunakannya jika ternyata ada sebuah alat yang hilang atau tidak tersedia.

Informasi inventaris juga menghindarkan perusahaan untuk belanja besar-besaran untuk hal yang sebenarnya tidak perlu, namun sesuai kebutuhan saja sehingga tidak menimbulkan ekstra pengeluaran.

Terlebih dengan selalu update informasi ketersediaan peralatan kerja, pekerja menjadi tidak stres karena pekerjaan dapat dikerjakan dengan baik dan lancar dan Anda pun merasa tenang karena peralatan yang mumpuni selalu tersedia ketika dibutuhkan oleh para pekerja Anda.

3. Tidak Membuang Waktu untuk Mencari Peralatan

International Diamond Council menyatakan bahwa para pekerja bisa menghabiskan waktu sampai dua setengah jam dalam sehari untuk mencari sebuah barang yang hilang. Hal ini tentu saja artinya terjadi pemangkasan waktu bekerja, hal yang sangat tidak diinginkan oleh perusahaan.

Mengelola inventaris dengan baik tidak hanya menghemat waktu dan biaya, namun juga menghindarkan frustrasi bagi para pekerja.

Benefit Inventory System bagi Perusahaan

Banyak keuntungan yang didapat dari melaksanakan sistem inventaris bagi perusahaan yang tentu saja selaras dengan peningkatan revenue perusahaan. Beberapa keuntungan tersebut seperti:

  • Kemudahan dalam mengontrol stok barang dan peralatan
  • Penyimpanan data menjadi terpusat
  • Meningkatkan efisiensi dan keefektifan kerja
  • Penghematan biaya dan membantu perencanaan anggaran
  • Meningkatkan kepuasan konsumen karena bisa memastikan semua pesanan terpenuhi dan terlacak dengan baik
  • Perencanaan dan pengambilan keputusan yang akurat

Permudah dengan Aplikasi Inventaris Perusahaan

Software inventaris perusahaan memberikan solusi yang mengkombinasikan keuntungan-keuntungan dari semua bentuk pengawasan inventaris peralatan perusahaan.

Mengelola inventaris perusahaan dapat memanfaatkan fitur QR code tag yang dapat dipindai menggunakan smartphone atau tablet, sehingga tidak memerlukan pelatihan kepada karyawan untuk melakukannya secara manual. Terlebih QR tag dapat menyimpan lebih banyak informasi dan pembaruan informasi dapat secara otomatis dilakukan dan tersedia setiap kali memindai. Jika perlu, lokasi GPS juga bisa disediakan dan disimpan.

Aplikasi inventaris perusahaan bekerja lebih baik daripada alat manual lain seperti Excel, Google spreadsheet, dll. Dengan menggunakan aplikasi inventaris perusahaan seperti stockpile, veeqo, equip, netsuite, dan deskera, alur yang sistematis dapat terwujud dalam proses mengawasi pembelian barang dari pemasok, pengelolaan stok, pengontrolan kuantitas barang yang ingin dijual, dan pelacakan pesanan yang akan dikirimkan kepada konsumen.

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp
👋 Halo,ada yang bisa kami bantu?