3 Benefit Perbaikan Alur Kerja RMA (Return Merchandise Authorization)

by | Aug 24, 2023 | Return Merchandise Authorization

Untuk terus bersaing dan menjaga standar pelayanan, pengecer biasanya menawarkan pilihan untuk mengembalikan atau mengganti produk. Di sinilah Return Merchandise Authorization (RMA) berperan. Pasalnya, RMA membantu menyederhanakan dan mengatur pengembalian produk secara sistematis dan efisien.

Apa Itu RMA?

RMA termasuk aspek penting dari sistem manajemen garansi, terutama dalam konteks pengembalian dan perbaikan produk. RMA dapat dipahami sebagai proses yang digunakan oleh produsen, pengecer, dan penyedia layanan untuk mengelola pengembalian produk yang cacat atau tidak diinginkan dari pembeli berdasarkan garansi atau dalam periode pengembalian yang ditentukan.

Penerapan RMA memastikan bahwa pelanggan dan bisnis memiliki pemahaman yang sama mengenai kebijakan pengembalian dan membantu mencegah kecurangan. Singkatnya, arti RMA mencakup prosedur formal yang membantu bisnis dalam melacak barang yang dikembalikan. Ia juga mengotorisasi pengembalian dan mengelola seluruh pengembalian di seluruh rantai pasokan.

3 Manfaat Utama dari Pembenahan Alur Kerja RMA

Berkat menjamurnya belanja online lewat e-commerce selama beberapa tahun terakhir, membuat pemesanan produk dan proses pengembalian mengalami peningkatan yang luar biasa. Pengembalian barang kini menjadi sebuah harapan bagi pembeli, bukan sekadar solusi jika terjadi pembelian yang buruk.

Oleh karena itu, e-commerce yang tidak memiliki sistem manajemen pengembalian yang efisien akan tertinggal dalam perubahan pasar saat ini karena pengembalian telah menjadi bagian yang lebih penting dalam kesuksesan menjalankan bisnis ritel. Berikut manfaat jika sebuah perusahaan membenahi alur RMA mereka, antara lain:

1. Lebih Siap Menghadapi Masalah di Masa Mendatang

Tidak seorang pun ingin kembali mengalami masalah yang sama empat atau lima tahun ke depan. Otomatisasi menjadi kunci untuk pembenahan alur kerja RMA dalam jangka panjang. Sebab pemrosesan manual telah memberikan hasil yang membuat frustasi dan rumit. Otomatisasi mengubah bagian bisnis yang mahal ini menjadi pusat keuntungan.

Pengembalian otomatis membuat pengelolaan pengembalian lebih mudah dan memungkinkan pengecer meningkatkan proses pengembalian mereka secara drastis. Tak cuma menangani masalah pengembalian produk, otomatisasi RMA juga akan berefek baik pada hubungan pelanggan, pelaporan, dan manajemen inventaris.

2. Memiliki Mitra & Pelanggan yang Lebih Bahagia

Ketika operasional internal RMA berkembang pesat, pelanggan merchant akan merasakannya. Alur kerja yang dioptimalkan dapat dengan mudah mengurangi waktu tunggu bagi pelanggan dan meningkatkan visibilitas sehingga mereka dapat merasa tenang karena mengetahui pengembalian atau perbaikan telah dilakukan dan berada di tangan yang tepat.

3. Mengurangi Kehilangan Produk

Saat Anda mengoptimalkan proses RMA menggunakan alat dan sistem modern, kemungkinan kesalahan dalam pemrosesan berkurang. Sebab ini memungkinkan dalam pelacakan barang yang dikembalikan secara akurat, sehingga mengurangi risiko pengiriman barang pengganti yang salah atau pemrosesan pengembalian dana yang salah. Kemungkinan produk hilang di tengah jalan juga bisa dihindari.

Kesimpulan

Pemrosesan pengembalian manual adalah metode usang yang menghabiskan terlalu banyak waktu dan uang. Dengan mengoptimalkan RMA, penjual mendapatkan kontrol lebih besar atas manajemen pengembalian mereka dan mendapat berbagai manfaat nyata.

Meski pembenahan alur RMA terdengar kompleks dan membutuhkan waktu, bukan berarti lebih baik menundanya. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memilih software yang tepat. SIDIG sebagai all in one platform manajemen purna jual dan garansi produk dapat membantu dalam membenahi alur kerja RMA perusahaan Anda.

 

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp
👋 Halo,ada yang bisa kami bantu?