Sistem Distribusi

PLM

Distribusi Alkes

CRM

CX Management

Supply Chain

Software Distributor untuk Kelola Distribusi Produk

by | Jun 20, 2022 | Distribusi Produk, Blog

Era digital menjadi momentum bagi para pengembang software bereksplorasi. Salah satu software yang sedang berkembang saat ini yaitu software distributor. Para pelaku bisnis jual-beli produk dapat memanfaatkan software distributor untuk mengelola distribusi produk.

Jika sebuah bisnis jual-beli berkembang pesat dan pendistribusian produk semakin meluas, cara konvensional tentu jadi lebih merepotkan seperti lebih menyita waktu, energi, dan biaya sehingga menjadi tidak efektif. Software distributor hadir untuk menjawab permasalahan tersebut dan menawarkan solusi supaya pendistribusian produk menjadi lebih efektif. Pengelolaan distribusi produk yang semakin mudah dan lancar dengan bantuan software distributor tentu menjadi penunjang semakin berkembangnya bisnis Anda.

Apa itu Manajemen Distribusi Produk?

Manajemen distribusi produk yaitu pengaturan pelaksanaan proses pengawasan pemindahan barang dari pemasok atau manufaktur ke point of sale atau suatu sistem yang diterapkan oleh banyak bisnis ritel dalam penyelesaian transaksi jual-beli. Aktivitas tersebut merujuk pada banyak proses seperti pengemasan, inventaris, gudang barang, rantai pemasokan, dan logistik.

Sangatlah penting bagi sebuah siklus bisnis untuk mempunyai manajemen distribusi produk khususnya bagi distributor dan pemborong. Keuntungan marjin bisnis bergantung pada seberapa cepat trafik barang yang terjual. Jelas sekali semakin banyak mereka menjual, semakin banyak mereka mendapat untung, yang berarti masa depan yang lebih baik bisa terwujud bagi bisnis mereka. Kesuksesan sistem manajemen distribusi produk juga sangat penting untuk sebuah usaha untuk tetap kompetitif dan tentunya menunjang kepuasan konsumen.

Mengapa Manajemen Distribusi Penting?

Pentingnya manajemen distribusi produk pada sebuah bisnis yaitu karena pengaruh langsungnya terhadap keuntungan bisnis. Untuk mencapai target penjualan yang lebih luas, sebuah perusahaan mengembangkan banyak teknik penjualan dan marketing.

Tantangan-tantangan yang dihadapi oleh kanal penjualan sebaiknya ditinjau ulang. Kanal penjualan yang paling umum adalah outlet-outlet yang tersebar di target pasar, namun ada beberapa kendala yang bisa terjadi seperti mayoritas distributor hanya berskala kecil dan tidak terorganisir dengan baik. Mereka kekurangan modal dan belum memanfaatkan teknologi. Kemudian bisa juga terjadi kurangnya data dan informasi karena fasilitas internet yang terbatas.

Sistem manajemen distribusi produk mengontrol dan memonitor pendistribusian jaringan. Termasuk di dalamnya urusan perekapan data dan informasi yang berkaitan dengan klien, stok barang, dan penjualan. Dengan sistem manajemen distribusi yang baik; segala akses, analisa, dan pembuatan laporan jadi dapat dilakukan dengan mudah.

Keuntungan bagi Perusahaan & Principal

Selain berpengaruh langsung terhadap revenue, ada banyak keuntungan lainnya dari sistem manajemen distribusi produk yang diperoleh oleh perusahaan dan principal. Keuntungan-keuntungan tersebut yaitu:

  • Menjaga segala aktivitas pendistribusian tetap pada jalurnya.
  • Mengurangi kesalahan pada waktu, lokasi, dan kuantitas pengiriman produk.
  • Time management yang lebih baik.
  • Ketidaksesuaian antara angka riil dan angka yang terekam dapat diketahui dengan mudah.
  • Proses memonitor inventaris menjadi lebih baik.
  • Proses dokumentasi kontrak dan approval yang cepat.
  • Mengurangi biaya admin karena tidak banyak melibatkan SDM.
  • Meningkatkan efisiensi dan keakuratan layanan yang ditawarkan ke konsumen.
  • Bebas gangguan pengiriman dan pengembalian karena dilakukan secara online.

Bagaimana Automasi dan Efisiensi Manajemen Distribusi?

Untuk merealisasikan sistem manajemen distribusi yang terautomasi dan efisien, perusahaan bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi. Sekarang sudah banyak software yang dikembangkan untuk mendukung sistem manajemen distribusi produk. Software distributor dapat melakukan banyak fungsi.

Software distributor atau aplikasinya menjadi solusi automasi sistem manajemen distribusi. Sistem yang terdigitalisasi dapat membuat pekerjaan menjadi efektif seperti ketika menjual produk bisa dilakukan bersamaan dengan memastikan kecukupan stok pada kanal penjualan dan sekaligus mengatur promosi pada kanal penjualan tersebut. Sangatlah mudah jika segala informasi dan aktivitas dilakukan di satu platform saja.

Integrasikan dengan Sistem Purna Jual

Dalam bisnis jual-beli barang, perusahaan tentu menginginkan sistem kerja yang efektif dan efisien serta menaikkan pendapatan dengan menawarkan layanan yang terbaik bagi kustomer. Salah satu strategi untuk memperoleh pelanggan setia yaitu dengan menjamin kepuasan kustomer. Sistem purna jual merupakan strategi yang sudah banyak diterapkan pada bisnis jual-beli barang.

Untuk mengintegrasikan sistem manajemen distribusi dengan sistem purna jual, Sidig hadir sebagai solusi. Merupakan bagian dari ekosistem Sidig, layanan web apps for distributor pada Sidig mempunyai fitur-fitur seperti invite store, alokasi produk, data pembelian, dan invoicing.

Kehadiran software distributor dan purna jual yang sudah terintegrasi akan sangat memudahkan produsen atau principal sebuah bisnis jual-beli, lho, baik perusahaan berskala kecil maupun besar. Sidig merupakan pilihan tepat untuk urusan menjalankan bisnis Anda dalam hal layanan purna jual. Untuk tahu informasi lebih banyak tentang all-in-one app ini, langsung saja kunjungi https://sidig.id/

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!