Sistem Distribusi

PLM

Distribusi Alkes

CRM

CX Management

Supply Chain

Penggunaan Software CRM Online untuk Loyalitas Pelanggan

by | May 23, 2022 | Blog

Salah satu wujud dari pelayanan terbaik perusahaan adalah mengutamakan kepuasan pelanggan. Perusahaan dapat memilih software CRM online yang dilengkapi berbagai fitur menarik serta memudahkan segala pekerjaan terkait kepuasan pelanggan perusahaan. Yuk, intip penjelasan selanjutnya mengenai kemampuan CRM software. 

Apa Itu Retention?

Retensi atau retention di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki makna penyimpanan atau penahanan. Sementara customer retention adalah program atau kegiatan dari sebuah perusahaan guna mempertahankan pelanggan agar tidak beralih ke perusahaan kompetitor. 

Biasanya perusahaan sibuk menguasai teknik untuk mendapatkan pelanggan baru sehingga cenderung melupakan pelanggan lama. Padahal mempertahankan lebih sulit dibandingkan menemukan pelanggan baru. Oleh karena itu perusahaan lama membutuhkan customer retention, beda dengan perusahaan rintisan yang butuh pelanggan baru. 

Saat ini sudah ada beberapa software yang dirancang untuk CRM antara lain Pipedrive Odoo. Program software dirancang guna menguntungkan pihak perusahaan. Apabila perusahaan berhasil meretensi pelanggan lama maka mereka juga menghemat biaya dibandingkan memindahkan pelanggan ke perusahaan lainnya. 

Tujuan Retention bagi Perusahaan

Setiap langkah yang akan diambil tentu memiliki tujuan bagi perkembangan perusahaan itu sendiri. Begitu pun dengan rancangan CRM software bagi perusahaan. 

  1. Menarik Customer Lama

Customer retention merupakan program dengan tujuan mempertahankan pelanggan lama menggunakan berbagai langkah efektif. Program ini dibuat agar pelanggan lama tidak beralih ke perusahaan lain dan tetap setia memakai barang atau jasa. Biasanya bentuk dari usaha membuat pelanggan lama semakin betah adalah menawarkan banyak program yang menarik. 

Anda tidak perlu khawatir dengan software CRM berbayar karena pengembang menyediakan versi CRM online demo. Versi ini dibuat khusus untuk perusahaan yang ingin mempelajari software tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya. Jika tertarik nantinya perusahaan dapat membeli versi berbayar lengkap dengan fiturnya. 

  1. Memberikan Pelayanan Terbaik

Bentuk pelayanan yang diberikan perusahaan kepada pelanggannya diharapkan mampu membuat mereka bertahan dan tetap setia. Dengan demikian pelanggan lama secara tidak langsung akan membandingkan pelayanan yang diterima dahulu dengan sekarang. Perusahaan akan memberikan wujud dari customer retention dengan memberikan pelayanan prima bagi pelanggannya. 

  1. Menjalin Kedekatan dengan Pelanggan

Customer retention akan membuat pelanggan merasa lebih dekat dengan perusahaan. Pelanggan juga merasa dibutuhkan karena perusahaan mendengarkan keluhan mereka sehingga pelayanan lebih ditingkatkan demi kenyamanan bersama. Bagi perusahaan yang ingin menggunakan software tersebut, silahkan kunjungi CRM software web untuk penjelasan lebih rinci dan mudah dipahami. 

Manfaat Customer Retention

Setelah membahas tujuan dari customer retention, tentu Anda ingin tahu apa saja manfaat dari penerapan strategi customer retention bagi perusahaan. 

  1. Meningkatkan Profit

Perusahaan yang mencari pelanggan baru tentu membutuhkan biaya lebih besar karena akan mengiklankan produk atau jasa. Hal itulah yang membuat perusahaan lebih memilih untuk mempertahankan pelanggan lama dengan menjaga loyalitasnya. Perusahaan yang berusaha menjaga pelanggan lama tentu tidak membutuhkan biaya besar. 

Mereka dapat menggunakan testimoni dari pelanggan lama guna mendapatkan pelanggan baru. Software retensi ini menggunakan tableau CRM analytics yang merupakan cara yang digunakan oleh perusahaan dalam mengelola data pelanggan agar menjadi lebih produktif. 

  1. Menciptakan Loyalitas Pelanggan

Setiap perusahaan menginginkan pelanggan yang loyal karena hal tersebut memiliki hubungan dengan customer retention. Apabila perusahaan memanfaatkan program ini dengan baik maka pelanggan akan memberikan testimoni yang dapat diposting pada web perusahaan. Testimoni tersebut tentu berpengaruh besar pada kredibilitas perusahaan di bidangnya. Oleh karena itu customer retention membutuhkan strategi yang tepat untuk mewujudkan tujuan perusahaan.

  1. Menguntungkan Pelanggan dan Perusahaan

Penggunaan software CRM online dapat menguntungkan kedua belah pihak yakni perusahaan dan pelanggan. Seperti yang diketahui bahwa pelanggan adalah pihak yang terus ingin diapresiasi dan dihargai. Program customer retention akan memberikan keuntungan bagi pelanggan dari program reward. 

Selain itu perusahaan juga akan memberikan feedback guna kemajuan produktivitas sehingga terbentuklah hubungan simbiosis mutualisme antara kedua pihak. Perusahaan dapat menggunakan software CRM open source yang terbuka untuk umum dan mudah dimodifikasi. 

Komponen Utama Retention

Ketika menghitung tingkat retensi pelanggan dibutuhkan beberapa komponen utama retention. Inilah beberapa komponen utamanya. 

  1. Program Customer Loyalty

Pelanggan yang setia tentu layak untuk dihargai dengan memberikan berbagai program customer loyalty. Pelanggan dapat menerima reward selama penggunaan produk misalnya dengan menunjukkan kartu keanggotaan dan lain sebagianya. 

Program reward bisa berupa poin yang dapat ditukar dengan voucher produk gratis, potongan harga dan sebagainya. Konsumen cenderung lebih tertarik dengan program reward karena mereka akan merasa diistimewakan dan dihargai oleh perusahaan ketika menggunakan jasa atau produk. 

Perusahaan dapat menggunakan software CRM free sebagai langkah awal untuk membuat pelanggan lama merasa lebih betah. Pelanggan lama merupakan aset yang tidak boleh dibiarkan lepas begitu saja demi kredibilitas perusahaan. 

  1. Referral

Referral merupakan komponen yang juga digunakan untuk membuat pelanggan lama semakin loyal. Program ini akan membuat pelanggan menikmati keseruan dalam mengumpulkan poin, peningkatan level keanggotaan serta mendapatkan keuntungan tertentu dengan pencapaian level tinggi.

Program referral akan membuat perusahaan memiliki pelanggan baru lebih banyak karena pelanggan lama akan mengundang orang baru dengan keuntungan reward. Biasanya reward yang diberikan adalah voucher, poin dan lain sebagainya. Terbukti program referral dapat menarik pelanggan baru dengan meningkatkan jumlah pelanggan perusahaan dalam waktu satu bulan. 

Jika perusahaan menggunakan software retention, rancangan kemampuan CRM software sudah sangat sempurna dengan dilengkapi fitur menarik. Perusahaan juga dapat menerapkan software ini untuk menjaga pelanggan lama agar tetap loyal dengan jasa maupun produk mereka. 

Strategi Meningkatkan Customer Retention

Strategi yang dilakukan untuk membuat pelanggan loyal dengan produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan dapat dilakukan dengan berbagai langkah. 

  1. Menyediakan Pilihan Produk Variatif

Adanya penyediaan produk yang variatif akan membuat pelanggan tidak jenuh dengan produk monoton. Mereka akan merasa seperti melihat hal baru sehingga memutuskan untuk tetap setia pada perusahaan Anda. 

  1. Ajak Pelanggan untuk Buat Akun

Anda bisa menggunakan strategi ini untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Mereka yang merupakan pelanggan lama dan baru akan merasa lebih dibutuhkan ketika berada dalam komunitas produk. Oleh karena itu mereka juga akan merasa menjadi bagian penting dan bertanggung jawab atas pengembangan produk atau jasa tersebut. 

  1. Komunikasi Personal

Jalinan komunikasi secara personal dapat menjangkau konsumen dengan frekuensi dan demografi kunjungan guna menentukan keberhasilan strategi ini. Hal itulah yang membuat perusahaan harus mampu memahami kebutuhan setiap pelanggan dengan menjalin komunikasi personal. 

Salah satu software CRM yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan retensi adalah SIDIG. Cara pemakaian software CRM tersebut sangat mudah. SIDIG dapat membuat laporan secara realtime terkait seluruh aktivitas layanan konsumen, klaim garansi, tracking distribusi barang, dan pemberian informasi akurat tentang tren guna penyesuaian strategi customer retention. 

Sekian penjelasan singkat mengenai kemampuan software CRM online. Semoga bermanfaat. 

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!