Software Distribusi Penjualan untuk Lacak & Kelola Produk

by | Sep 26, 2022 | Blog, Distribusi Produk

Setiap bagian dari siklus penjualan menjadi hal yang krusial untuk bisnis yang menciptakan sebuah produk. Bisnis bisa memilih untuk menjual produk mereka langsung ke konsumen, menjadikan mereka bertanggung jawab atas siklus penjualan seluruhnya, atau bisa juga memilih untuk menggunakan perusahaan distribusi penjualan yang menangani seluruh siklus penjualan tersebut.

Untuk banyak bisnis manufaktur produk, distribusi penjualan membantu mereka untuk mencapai puncak profit tanpa mereka harus melakukannya sendiri sehingga mereka bisa menggunakan waktu untuk berfokus pada objektif bisnis lainnya.

Proses distribusi barang merupakan tahap atau proses yang sangat krusial dalam mata rantai pasok. Keberhasilan distribusi sangat menentukan kelancaran bisnis Anda. Dengan sistem distribusi yang bagus, Anda dapat melacak dan mengelola produk mulai dari manufaktur ke ritel hingga sampai ke konsumen akhir.

Campur tangan teknologi tentu sudah tidak asing dalam proses menjalankan bisnis. Aktivitas distribusi penjualan juga akan sangat terbantu dengan hadirnya software distribusi penjualan. Yuk, simak artikel ini sampai habis untuk tahu lebih lanjut tentang software distribusi penjualan.

Apa itu Distribusi Penjualan?

Distribusi penjualan adalah ketika perusahaan menggunakan proses distribusi atau melalui tahap distribusi untuk menjual produknya ke konsumen, bukan dijual langsung ke konsumen. Dengan metode ini, distributor menangani semua hal yang terlibat dalam menjual produk dan berlaku sebagai koordinator di antara perusahaan dan konsumen.

Perusahaan menjual produknya ke distributor dengan harga lebih miring, lalu distributor menjual produk tersebut dengan harga yang layak dan seharusnya. Dengan begitu, distributor bisa menyimpan profit dari penjualan produk tersebut.

Distributor mempunyai hubungan kolaboratif dengan perusahaan manufaktur, bekerja untuk kepentingan perusahaan dalam hal membeli, transportasi, menyimpan, mengepak, menjual, dan mengirim produk. Perusahaan mungkin memilih untuk menggunakan model distribusi penjualan dalam rangka menaikkan pemasaran produk mereka di pasar atau mendistribusikannya dengan lebih cepat dan efisien.

Manfaat Distribusi Penjualan

Hampir semua perusahaan manufaktur produk bergantung pada kemampuan mereka untuk menghasilkan penjualan dan memperoleh profit. Memilih model distribusi penjualan dan perusahaan distribusi penjualan dapat membuat pernyataan yang besar tentang citra perusahaan, komunikasi, dan produk. Ada banyak manfaat dari distribusi penjualan. Berikut beberapa manfaatnya:

  • Perusahaan bisa berfokus pada objektif perusahaan yang lain ketika distributor menangani penjualan.
  • Perusahaan punya lebih banyak waktu untuk mengurusi area bisnis lainnya ketika mereka tidak harus meluangkan terlalu banyak waktu untuk penjualan.
  • Distributor bisa mencapai pasar dan lokasi yang mungkin perusahaan justru normalnya tidak bisa mencapainya sendiri.
  • Perusahaan bisa memperoleh peningkatan penjualan dan profit yang lebih tinggi ketika menggunakan distributor.

Tipe-tipe Distribusi Penjualan

Dua jenis saluran distribusi yaitu distribusi B2B dan B2C. Banyak dari departemen penjualan dan marketing cukup berjuang dalam usaha menemukan strategi terbaik untuk terhubung dengan klien bisnis lain atau marketing B2B. Tiga tipe utama model distribusi penjualan adalah sebagai berikut:

1. Distribusi Intensif

Distribusi intensif merujuk pada proses distribusi yang melibatkan banyak perantara. Salah satu contohnya yaitu printer kertas. Produk-produk printer kertas tersedia di banyak toko fisik dan juga toko online. Produk tersebut punya cukup banyak saluran distribusi.

2. Distribusi Selektif

Distribusi selektif yaitu proses distribusi yang hanya punya sedikit perantara. Salah satu contohnya yaitu furnitur kantor. Distribusi furnitur kantor terbatas pada beberapa sumber saja.

3. Distribusi Eksklusif

Distribusi eksklusif berarti hanya punya beberapa perantara saja atau bahkan hanya satu perantara saja untuk mengangkut produknya. Contohnya yaitu smartphone Google Pixel 2 yang rilis beberapa tahun yang lalu. Jika konsumen ingin mempunyai gawai baru yang populer ini, mereka secara eksklusif dijual melalui Verizon Wireless.

Software Distribusi Penjualan

Hadirnya teknologi benar-benar sangat membantu proses distribusi penjualan sehingga prosesnya bisa terautomasi dan dapat lebih maksimal dalam melacak dan mengelola penjualan. Software distribusi penjualan merupakan aplikasi yang dapat mengelola semua proses bisnis mulai dari menangani pemesanan, pengelolaan supply chain, penjualan, pengelolaan hubungan dengan konsumen, dan juga pengelolaan finansial.

Seluruh kegiatan-kegiatan tersebut terautomasi menggunakan sebuah sistem distribusi penjualan. Bisnis bisa berjalan dengan lebih efektif dan efisien dengan banyak proses yang tercakup dalam sistem pada software distribusi penjualan. Selain itu, hal-hal seperti kekurangan atau kelebihan stok bisa terminimalisir dengan baik karena pelacakan produk bisa dilakukan dengan sistem yang otomatis.

Software distribusi penjualan memanfaatkan penggunaan sistem yang berbasis cloud sehingga bekerja secara otomatis dan tentu saja bisa diakses dari perangkat gawai di mana saja dan kapan saja, tentu akan lebih praktis dan memberikan banyak kemudahan. Dengan demikian, perusahaan dapat menghemat biaya dan menghindari kesalahan yang bisa terjadi karena disebabkan oleh kelalaian karyawan.

Untuk solusi software distribusi penjualan, silakan klik di sini.

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp
👋 Halo,ada yang bisa kami bantu?