Keuntungan Sistem Manajemen Garansi Digital atau Digital Warranty

by | Mar 24, 2023 | Garansi Digital

Di masa lalu, garansi biasanya menggunakan kartu garansi fisik yang diberikan oleh ritel ke konsumen saat konsumen membeli produk. Cara tersebut membutuhkan pengisian data secara manual.

Sekarang bayangkan sistem manajemen garansi digital di mana proses registrasi bisa dilakukan secara langsung; kemudian Anda bisa melakukan pengecekan keaslian, mengelola klaim, meningkatkan engagement konsumen, menyediakan konsumen portal data untuk memperkuat marketing campaign, dan masih banyak lagi proses lainnya.

Sistem manajemen digital warranty atau manajemen garansi digital menjadi semakin populer karena banyak perusahaan yang beralih ke teknologi digital dan meninggalkan sistem tradisional untuk memudahkan pelanggan dalam mengakses informasi dan layanan yang mereka butuhkan.

Sebagai pengganti sistem manajemen garansi konvensional, sistem manajemen garansi digital menawarkan banyak keuntungan, termasuk kemudahan dalam pendaftaran garansi, proses klaim yang lebih cepat dan efisien, pengurangan biaya, dan penyimpanan data yang lebih baik.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut dan detail tentang keuntungan implementasi sistem manajemen digital warranty untuk perusahaan Anda.

  1. Paket Komplit

Solusi manajemen digital warranty end-to-end memfasilitasi registrasi garansi dengan detail konsumen yang dipindai dengan cepat dan dikonfirmasi via SMS dan email. Sistem ini sudah sangat lengkap fiturnya untuk menangani klaim, perbaikan, penggantian dengan sangat mudah. Detail konsumen dan produk secara langsung dicatat di database manufaktur sehingga memudahkan tim untuk mengelola permintaan garansi secara efisien.

  1. Menginformasikan Manufaktur dan Menyelamatkan Konsumen dari Produk Palsu

Konsumen dapat memindai kode QR produk yang tersedia pada sistem manajemen digital warranty menggunakan kamera smartphone dan memverifikasi produk untuk menghindarkan dari produk palsu atau penipuan. Konsumen dapat memastikan bahwa produk yang telah dibeli tersebut asli. Manufaktur juga bisa memastikan sudah menerima informasi dari setiap produk otentik yang terjual di pasar.

  1. Integrasi yang Lancar dengan CRM

CRM menawarkan sistem manajemen garansi yang lebih lanjut tingkatannya dengan menyatukan data yang digunakan oleh tim layanan untuk manajemen garansi yang lebih efektif. Bisnis bisa mengatur pertanyaan-pertanyaan dan permintaan-permintaan konsumen dari satu sumber saja.

REST API berintegrasi dengan sistem bisnis yang ada dan bisa menjadi bantuan yang solutif pada manajemen solusi garansi Anda. Automasi lengkap komunikasi untuk registrasi dan klaim bisa mengubah proses yang menjemukan menjadi sebuah fitur dengan beragam keuntungan yang ditambahkan.

  1. Keuntungan Data Analitik yang Kompetitif

Pemilik bisnis bisa melacak kesuksesan program garansi mereka dengan bantuan laporan dan analisis yang dipaparkan oleh sistem manajemen garansi. Segala informasi dan data yang terukur dan terlacak bisa diperbaiki dan disempurnakan lagi. Solusi garansi dilengkapi dengan dashboard pintar yang menawarkan insight yang relevan untuk pembuatan keputusan yang lebih baik.

  1. Mobile Application Interface untuk Manajemen

Konsumen Anda bisa mengelola registrasi dan mengklaim garansi dengan lebih cepat menggunakan aplikasi mobile berbasis website yang mudah untuk digunakan dan diakses. Semua data yang dibutuhkan untuk ganti rugi bisa dimasukkan dan digunakan untuk perbaikan dan penggantian produk.

  1. Meningkatkan Engagement Konsumen

Ketika konsumen Anda sudah yakin bahwa sistem manajemen garansi yang Anda sediakan bebas gangguan serta menghemat waktu dan energi untuk mengelola perbaikan dan penggantian, maka jumlah konsumen yang melakukan registrasi akan meningkat. Hal tersebut dapat memberikan Anda akses ke data berharga. Data konsumen adalah keuntungan paling besar untuk bisnis, baik untuk online marketing maupun offline marketing.

Retensi konsumen bisa meningkat melalui loyalty program dan menarik konsumen baru untuk produk lain melalui strategi marketing yang efektif seperti promosi dan cross-selling.

  1. Feedback Produk

Dengan solusi manajemen garansi dan CRM, konsumen bisa juga mengirimkan feedback via email atau SMS. Anda dapat mem-follow up input dan berkomunikasi dengan konsumen untuk menyelesaikan masalah dan meningkatkan kepuasan konsumen. Jaminan tersebut memperkuat hubungan antara vendor dengan konsumen dan pada akhirnya menghasilkan keuntungan seperti informasi publik dari mulut ke mulut dan ulasan online.

  1. Komunikasi Langsung dengan Konsumen

Manajemen garansi digital memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi langsung dengan konsumen, mengeliminasi distributor dan ritel dari mata rantai.

  1. Layanan Online untuk Tetap Bertahan

Terlebih karena adanya pandemi, bisnis online cenderung akan lebih bisa bertahan di segala situasi dan kondisi sehingga lebih mungkin untuk tetap bertahan lama.

Butuh solusi untuk sistem manajemen garansi bisnis Anda? Serahkan saja ke Sidig.

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp
👋 Halo,ada yang bisa kami bantu?