Dalam bisnis IT, memiliki sistem manajemen garansi yang efektif dan efisien sangatlah penting. Salah satu cara untuk mengelola garansi dengan lebih mudah adalah melalui pemonitoran dan pelacakan informasi garansi di setiap komputer yang dikelola.
Sistem manajemen garansi yang baik harus mampu memberikan informasi yang akurat dan terperinci mengenai garansi yang masih berlaku, memudahkan dalam proses klaim garansi, serta dapat membantu dalam mengidentifikasi komponen atau perangkat keras yang sering mengalami kerusakan dan membutuhkan perhatian khusus.
Table of Contents
Apa itu Garansi Software?
Garansi software adalah bentuk dari kontrak daftar kondisi dan performa software yang digaransikan oleh manufaktur software. Garansi software sangat esensial ketika membeli sebuah software sehingga perbaikan dan penanganan bisa tercakup dalam garansi jika ada error. Sistem manajemen garansi software digunakan untuk melacak garansi software dan juga hardware. Software manajemen garansi dibutuhkan untuk mengautomasi proses tersebut.
Apa itu Software Manajemen Garansi?
Umumnya, garansi pada software atau hardware disediakan sebagai jaminan kualitasnya. Software manajemen garansi mengumpulkan semua informasi garansi software dan hardware sehingga Anda bisa bertanya ke manufaktur untuk menyelesaikan masalah teknikal yang muncul pada produk dan memperbaikinya tepat waktu.
Software pelacakan garansi yang baik akan mengamati gawai dan software, melacak detail garansi mereka, dan menunjukkan jika ada masalah terkait dengan syarat dan ketentuan yang disediakan oleh manufaktur. Dengan begitu, Anda bisa menghemat uang dan menjaga infrastruktur IT Anda tetap up to date.
Laporan Sistem Manajemen Garansi
Software manajemen garansi menawarkan Anda serangkaian laporan seperti:
- Laporan Garansi yang akan Kadaluarsa
Laporan ini memberikan daftar komputer yang mana yang garansinya akan segera kadaluarsa bersamaan dengan sisa hari sampai kapan garansi berakhir.
- Laporan Garansi yang Kadaluarsa
Laporan ini memberikan daftar komputer yang mana yang jaminannya sudah berakhir.
- Laporan Komputer yang Tidak Teridentifikasi
Laporan ini memberikan daftar komputer yang mana yang tidak ada garansinya.
Mengapa Perusahaan Membutuhkan Software Manajemen Garansi?
Sistem administrator biasanya menggunakan software manajemen garansi software dan hardware di perusahaan mereka untuk tetap melakukan pelacakan pada detail garansi dari aset IT yang mereka kelola untuk memanfaatkan perlindungan tambahan ke produk kalau-kalau ada kerusakan atau kesalahan.
Mungkin saja ada retakan pada layar, eror di RAM, kerusakan hard drive, atau malfungsi prematur komputer; sebuah software pelacakan garansi memastikan Anda tidak melewatkan garansi yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki atau mengganti isu-isu tersebut. Sistem manajemen garansi meningkatkan kesempatan untuk menaikkan kualitas software dan hardware dengan cara meningkatkan kapasitas operasional.
Pentingnya Manajemen Garansi dari Aset IT
Vendor yang berbeda-beda menawarkan garansi standar untuk banyak produk mereka. Software manajemen garansi mendukung manajemen garansi untuk banyak manufaktur besar seperti Dell, Toshiba, dan masih banyak lagi lainnya di mana secara otomatis memperoleh informasi mengenai komputer-komputer mereka.
Software manajemen garansi memudahkan Anda supaya Anda ingat untuk memperbarui garansi, melindungi Anda dari biaya perbaikan tidak terduga dengan menyediakan visibilitas yang menyeluruh terhadap garansi dan hak-hak Anda.
Software Pelacakan Garansi dengan Sidig
Pelacakan garansi dengan fitur-fitur Sidig memungkinkan Anda untuk mencatat semua informasi garansi yang berkaitan dengan aset hardware IT yang digunakan oleh bisnis Anda. Dengan software pelacakan garansi Sidig, Anda dapat menginput detail seperti service tag, tanggal pembelian produk, dan tanggal jatuh tempo aset. Software palacakan garansi membantu Anda untuk mengotomasi proses keseluruhan manajemen garansi.
Selain untuk pelacakan dan manajemen garansi, Sidig juga sekaligus dapat membantu proses distribusi produk Anda. Beberapa keuntungan menggunakan aplikasi Sidig yaitu:
- Mempermudah pelacakan distribusi produk
- Proses dan dan manajemen klaim garansi produk jadi lebih cepat dan efisien
- Mempermudah aktivitas pemeliharaan produk Anda dan meningkatkan kualitas produk maupun layanan Anda
- Mempermudah pengelolaan layanan after sales produk dan meningkatkan kepercayaan konsumen Anda
- Mendokumentasikan dan menangani keluhan konsumen dengan lebih optimal sesuai dengan regulasi yang ada
- Menjangkau lebih banyak konsumen dan mempermudah pengelolaan pemesanan melalui online purchasing Sidig
Ekosistem aplikasi Sidig yaitu Sidig distributor utama (produsen), Sidig distributor, Sidig service dan perawatan, Sidig toko, dan Sidig customer. Yuk, pelajari aplikasi Sidig dan kelengkapan fiturnya dengan klik di sini.