5 Modul Distribusi Terbaik untuk Optimalkan Layanan Distribusi

by | Jan 13, 2023 | Blog, Aplikasi Distribusi

Distribusi adalah proses pengiriman atau penjualan produk dan jasa dari produsen atau manufaktur ke konsumen. Seiring dengan bisnis semakin menjangkau banyak lokasi, maka jadi sangat krusial untuk memperluas kegiatan distributor untuk memastikan bahwa produk mencapai konsumen dengan aman dan tepat waktu. Untuk merealisasikannya tentu perlu sinkronisasi yang tepat antara semua pihak yang terlibat dalam channel distribusi untuk memastikan proses berjalan dengan baik dan lancar.

Layanan distribusi merupakan elemen vital dari operasi bisnis apapun. Tanpa distribusi yang efisien, bisnis industri apapun tidak dapat memastikan hubungan yang baik antara konsumen dan manufaktur dalam menyediakan layanan terbaik yang mungkin diberikan. 

Untuk bisnis distribusi yang sukses, perusahaan perlu proses feedback yang konstan sehingga semua pihak puas dan jika ada koreksi sebaiknya dilakukan untuk peningkatan mutu tentunya. Usaha distribusi menjadi esensial untuk sangat diperhatikan demi kelancaran rantai pasok dan barang bisa sampai di konsumen akhir dengan baik. 

Distribusi dan Supply Chain

Distribusi mencakup channels dan manajemen supply chain. Channels berinteraksi dengan koneksi institusional seperti ritel dan pedagang besar atau grosir, sedangkan manajemen supply chain merujuk pada proses-proses yang berada di bawah koneksi seperti pergudangan, transportasi, dan manajemen inventaris, dan menghubungkan mereka dari supplier ke pengguna atau konsumen akhir. Obyektif dari kedua komponen adalah untuk menyediakan layanan konsumen level tinggi pada biaya yang terkelola dengan baik.

Manajemen distribusi adalah bagian dari proses supply chain yang pada akhirnya mengirimkan barang ke pengguna akhir atau konsumen. Mengelola distribusi pada dasarnya mengelola pemindahan barang, baik dari pedagang besar atau grosir ke ritel atau dari ritel ke konsumen.

Manajemen distribusi berfokus pada pengiriman barang yang tepat waktu dan pencegahan kerugian seperti memastikan pengiriman barang yang mudah rusak tanpa kendala melalui channel distribusi. Hal tersebut adalah bagian dari sistem logistik yang lebih besar yang melibatkan perencanaan dan kreasi proses mengelola rantai pasok distribusi barang dan transportasi. Proses ini melibatkan beberapa aspek seperti pengemasan, pengaturan rute, penyimpanan di gudang, dan pengelolaan yang cepat.

Distributor mungkin adalah seorang individu atau sebuah bisnis yang mengirimkan barang ke konsumen. Contohnya, sebuah perusahaan farmasi adalah distributor produk untuk apotek, sedangkan bisnis e-commerce seperti Amazon adalah distributor barang untuk konsumen.

Manajemen distribusi yang efektif dan efisien mengurangi biaya pengiriman dan waktu pengiriman serta dapat meningkatkan kepuasan konsumen tentunya.

Mengapa Distribusi Penting?

Distribusi adalah elemen penting dari operasional karena tanpa peran yang bisa melacak dan meningkatkan hubungan antara manufaktur dan konsumen, sebuah perusahaan tidak bisa memastikan layanan terbaik yang mungkin diberikan. Jika hambatan terjadi pada distribusi maka pengiriman akan tertunda; konsumen, ritel, dan supplier bisa jadi jengkel; dan akibatnya kepercayaan pun hilang. 

Untuk distribusi produk bisa sukses, feedback berkelanjutan butuh diimplementasikan untuk memastikan semua pihak senang dengan proses dan bahwa perbaikan dan peningkatan yang akan dibuat benar-benar segera dibuat. Selain itu juga perlu adanya pemanfaatan software guna melancarkan jalannya setiap proses dalam rantai supply chain, khususnya distribusi.

Rekomendasi Aplikasi Manajemen Distribusi Sidig

Aplikasi Sidig hadir sebagai software manajemen distribusi barang terbaik. Merupakan sistem manajemen distribusi dan pelacakan produk terbaik untuk perusahaan Anda dari distributor hingga ke konsumen. Dengan Sidig, pelacakan dan insight terbaik bisa didapatkan untuk mengoptimalkan distribusi barang. Selain itu, software aplikasi ini digunakan untuk membantu pengelolaan, pencatatan, dan pelaporan distribusi, serta mengoptimalkan layanan after sales produk perusahaan Anda.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Sidig

Berikut beberapa manfaat dan keuntungan penggunaan aplikasi Sidig untuk layanan distribusi dan after sales perusahaan Anda:

    Mempermudah Pelacakan Distribusi

Mengotomasi pelacakan distribusi produk dengan lebih mudah dan lengkap dalam satu platform saja sehingga tidak perlu multiple platform untuk melakukan aktivitas pelacakan produk selama proses distribusi berlangsung. Hal tersebut dapat menghemat waktu pengerjaan sekaligus pemantauan produk bisa dilakukan dengan lebih mudah.

    Membantu Manajemen Penanganan Keluhan Pelanggan

Mendokumentasikan dan menangani keluhan pelanggan jadi lebih optimal dan sesuai dengan regulasi yang ada.

    Memaksimalkan Pelayanan After Sales

Aplikasi Sidig mempermudah pengelolaan layanan after sales produk dan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan atau konsumen Anda. Dengan layanan after sales yang optimal, maka hal tersebut bisa mengkonversi loyalitas pelanggan dan minim komplain tentunya.

    Proses Lebih Cepat dan Efisien

Alur kerja proses bisnis dan manajemen klaim garansi produk menjadi lebih cepat dan efisien. Dengan begitu, maka aktivitas selanjutnya pun akan terkena dampak positifnya sehingga dapat mendukung kenaikan profit dan memangkas pemborosan baik waktu maupun biaya.

    Mempermudah Manajemen Perawatan Produk

Aplikasi Sidig mampu mempermudah aktivitas pemeliharaan produk Anda dan meningkatkan kualitas produk maupun layanan Anda hanya dengan satu platform saja.

    Meningkatkan Pemasaran dan Pengelolaan Pemesanan Produk

Dengan all-in-one platform ini, Anda dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan mempermudah pengelolaan pemesanan melalui online purchasing (e-commerce) Sidig.

Ekosistem Sidig dan Alur Platform Sidig

Sidig mempunyai ekosistem yang terdiri dari Sidig distributor utama (produsen), Sidig distributor, Sidig service dan perawatan, Sidig toko, dan Sidig customer. Kelima ekosistem tersebut dapat memanfaatkan aplikasi Sidig dalam melakukan setiap aktivitas detail masing-masing ekosistem tersebut.

Sedangkan alur platform Sidig yaitu sebagai berikut:

●     Step1: Distributor utama atau produsen meregistrasi produk dan generate QR untuk memproses pelacakan.

●     Step 2: Distributor mendapatkan barang dari produsen dan melakukan pendistribusian barang lewat platform.

●     Step 3: Toko menerima barang dari distributor dan melakukan penjualan lewat platform.

●     Step 4: Konsumen melalukan klaim perbaikan atau permohonan perawatan.

●     Step 5: Pihak pusat servis melakukan verifikasi kemudian melakukan tindakan yaitu perbaikan atau perawatan.

●     Step 6: Distributor utama atau produsen mendapatkan laporan segala kegiatan yang terjadi di dalam platform secara cepat dan instan.

5 Modul Sidig untuk Manajemen Distribusi yang Optimal

Berikut lima modul terbaik Sidig yang bisa mengoptimalkan layanan distribusi perusahaan Anda:

1.   Modul Distribusi

Modul distribusi berguna untuk login principal yang memuat fitur dashboard, upload nomer seri, QR code, mutasi barang, dan invite distributor. Kemudian juga digunakan oleh distributor yang memuat fitur dashboard, invite toko, list produk, mutasi produk, dan laporan mutasi. Yang terakhir yaitu untuk toko yang berisi fitur dashboard, list produk, list distributor, invite sales, dan list sales.

2.   Modul Garansi

Modul garansi bisa digunakan oleh principal, yaitu memuat fitur setting garansi, setting perawatan, dan laporan garansi. Kemudian untuk distributor memuat fitur list garansi dan aktivasi garansi. Untuk toko memuat fitur list garansi dan aktivasi garansi.

3.   Modul Pusat Service

Untuk modul pusat service bisa digunakan oleh principal, memuat fitur invite service dan center. Kemudian untuk service center memuat fitur dashboard, new ticket, active ticket, report, dan login teknisi.

4.   Modul E-commerce

Modul e-commerce bisa digunakan untuk distributor dan memuat fitur toko saya, tambah produk, metode pengiriman, pemasaran, laporan penjualan, dan pengaturan.

5.   Modul Customer Engagement

Modul customer engagement digunakan untuk login principal, memuat fitur promo, survei, chat, blast email, dan laporan. Kemudian untuk distributor, toko, dan pusat service memuat fitur chat.

Untuk layanan aplikasi distribusi dan layanan after sales, serahkan saja pada Sidig. Yuk, pelajari selengkapnya di https://sidig.id/

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp
👋 Halo,ada yang bisa kami bantu?