Warranty Management System: Keuntungan Strategis untuk Manufaktur & Brand

by | Aug 22, 2023 | Manajemen Garansi

Penting bagi pihak manufaktur dan brand untuk memastikan bahwa proses manajemen garansi tidak hanya berjalan lancar namun juga memberikan manfaat tambahan. Karenanya, berinvestasi pada perangkat lunak, yakni online warranty management system software bisa menjadi pilihan bijak.

Seperti yang diketahui, manajemen garansi dapat menjadi proses yang mahal bagi perusahaan manufaktur atau brand yang bergantung pada proses administrasi manual.

Pasalnya, manajemen garansi mencakup banyak proses yang berkisar dari rantai pasokan hingga layanan pelanggan. Dengan entri data manual, banyak database, dan kurangnya visibilitas data pelacakan, maka berbagai bisa terjadi.

Karenanya, artikel berikut bakal membahas 5 keuntungan utama bagi perusahaan manufaktur dan brand jika menggunakan online warranty management system.

1. Meningkatkan efisiensi

Kurangnya visibilitas terhadap data pelacakan pelanggan dan jaminan produk tertentu membuang-buang waktu pelanggan dan menghambat efisiensi, yang pada akhirnya dapat merusak pengalaman pelanggan.

Warranty management system software memecahkan masalah ini dengan memungkinkan produsen melacak kemajuan setiap klaim pelanggan lewat platform yang terpusat, akurat, dan mudah diakses.

Visibilitas pada proses garansi ini memungkinkan proses yang efisien, di mana merupakan keuntungan strategis bagi produsen yang berfokus pada kepuasan pelanggan dan ingin memangkas biaya.

2. Memangkas biaya administratif

Tugas administratif yang berulang dalam manajemen garansi manual rentan terhadap kesalahan manusia serta memakan waktu. Dengan mengotomatisasi tugas berulang dan proses penyelesaian lewat software manajemen garansi, produsen dapat mengurangi biaya yang terbuang karena kesalahan yang tidak perlu. Selain itu, karyawan bisa memfokuskan waktu mereka pada tugas-tugas strategis yang mendorong kemajuan bisnis.

3. Meminimalisir risiko penipuan

Penipuan merupakan risiko yang serius dan berpotensi merugikan bagi manufaktur maupun brand. Dengan proses manajemen garansi manual, risiko terjadinya klaim palsu bisa luput dari perhatian.

Dengan memanfaatkan warranty management system software yang dilengkapi fitur cerdas, aktivitas penipuan lebih mudah dideteksi dan dihentikan sebelum terjadi.

Selain itu, penggunaan software menghindarkan dari penyalahgunaan data pelanggan. Privasi data harus menjadi perhatian utama dan software manajemen garansi dapat melakukan tugas untuk memastikan keamanan data terjamin. Sehingga pelanggan yakin bahwa informasi pribadi mereka tidak akan terungkap.

4. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Mengingat jaminan produk merupakan faktor yang berpengaruh dalam pengalaman pelanggan, proses manajemen garansi produsen dapat meningkatkan atau menghancurkan kepuasan pelanggan.

Penerapan software manajemen garansi akan menghilangkan hambatan, mempercepat jadwal, meningkatkan komunikasi dengan pelanggan, dan menciptakan pengalaman pelanggan yang positif secara keseluruhan.

5. Mengambil keputusan berdasarkan data

Produsen yang menerapkan proses manajemen garansi manual kemungkinan besar tidak memiliki visibilitas dan akses data real-time. Padahal, Pengambilan keputusan berdasarkan data sangat sulit dilakukan tanpa kedua hal tersebut.

Dengan berinvestasi pada warranty management system software, produsen jadi bisa memiliki akses ke data real-time dan analisis tingkat lanjut, sehingga membantu memantau kualitas produk, mencatat perilaku pelanggan, dan mendapatkan wawasan berharga mengenai peluang penghematan biaya.

Kesimpulan

Tak bisa dipungkiri kini garansi produk menjadi cerminan kualitas sebuah produk. Karenanya, menyempurnakan dan memajukan manajemen garansi harus menjadi prioritas utama bagi perusahaan manufaktur yang ingin meningkatkan pengalaman pelanggan, menjaga kualitas produk, hingga menurunkan biaya.

Dengan berinvestasi pada online warranty management system software, keuntungan strategis yang dapat diperoleh yakni: meningkatkan efisiensi, memangkas biaya administratif, meminimalisir risiko penipuan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mengambil keputusan berdasarkan data.
SIDIG bisa menjadi salah satu pilihan online warranty management system untuk membantu mengelola manajemen garansi lebih efisien. Yuk coba sekarang!

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp
👋 Halo,ada yang bisa kami bantu?