6 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Aplikasi Manajemen Garansi

by | Feb 22, 2023 | Blog, Garansi Digital

Pemberian garansi menjadi bentuk perhatian perusahaan kepada pelanggan setelah membeli dan selama menggunakan produk tersebut. Apapun skema yang dijalankan, garansi tetap akan bermuara pada pemenuhan kepuasan pelanggan.

Pelanggan yang puas berpotensi menjadi pelanggan tetap. Karenanya, untuk menumbuhkan kepuasan pelanggan dan membuatnya menjadi pelanggan tetap, pelaku bisnis harus menguasai bagaimana cara memberikan pengalaman after sales yang baik, yang dalam konteks ini adalah garansi.

Sebelum Memilih Aplikasi Manajemen Garansi

Nah, karena pemberian jaminan atau garansi sangat penting untuk mendapatkan kepuasan pelanggan, memilih sistem manajemen garansi tidak boleh asal-asalan.

Setidaknya 6 hal ini harus diperhatikan saat memilih aplikasi manajemen garansi. Apa saja?

1. Apakah aplikasi manajemen garansi ini bisa mengotomatiskan dan menyederhanakan proses garansi?

Proses manajemen garansi tradisional yang bersifat manual dan membutuhkan banyak kertas serta rawan kesalahan. Karenanya, aplikasi harus dirancang untuk mengotomatisasi aspek membosankan dari proses garansi. 

Mengotomatiskan proses garansi memungkinkan pelaku bisnis mengurangi keruwetan kerja manual. Di sisi lain, mengotomatiskan proses manajemen garansi memungkinkan pelaku bisnis untuk mengelola klaim garansi dalam jumlah besar sekaligus di satu layar.

Ini dapat menghemat banyak waktu dan uang yang biasanya dihabiskan untuk mengerjakan proses secara manual.

2. Apakah aplikasi manajemen garansi ini mudah diterapkan?

Aplikasi dirancang untuk membuat proses kerja lebih mudah. Jadi jika Anda justru harus menghabiskan banyak waktu untuk menyiapkan aplikasi dan memindahkan data, hal itu dapat berdampak pada implementasi yang lebih lama dan anggaran yang lebih besar. 

Jadi sebelum membuat keputusan akhir, ada baiknya meminta vendor memperlihatkan demo implementasi.

3. Apakah aplikasi manajemen garansi ini menyediakan data pelanggan yang berguna?

Banyak aplikasi yang bisa menampilkan data, namun tidak semuanya mampu menyediakan data mendetail tentang kinerja bisnis dengan garansi.  

Jika aplikasi tidak bisa memberi tahu berapa banyak garansi yang dimiliki, berapa lama rata-rata garansi, atau berapa banyak orang yang menelepon, kemungkinan besar data yang mereka sediakan tidak terlalu bagus. 

4. Apakah aplikasi manajemen garansi ini mudah digunakan pelanggan akhir?

Cara terbaik untuk memutuskan aplikasi manajemen garansi mana yang tepat adalah dengan mempertimbangkan seberapa mudah aplikasi tersebut digunakan pelanggan akhir.

Beberapa aplikasi terbaik yang mengalami tingkat penukaran tinggi adalah jaminan yang menawarkan pengenalan dan pendaftaran sederhana. 

Jadi pastikan aplikasi tersebut memiliki user experience yang baik dan tidak menyulitkan pelanggan yang ingin mendaftar atau klaim garansi.

5. Apakah aplikasi manajemen garansi ini bisa membantu mengelola komunikasi dengan pelanggan?

Aplikasi manajemen garansi tingkat lanjut biasanya memberikan CRM bawaan. Ini berguna untuk menyatukan data yang digunakan oleh tim layanan untuk manajemen garansi yang efektif.

Selain menggunakan CRM bawaan, pelanggan juga dapat mengirimkan umpan balik produk melalui email atau SMS.

Dengan mengelola hal itu, pelaku bisnis dapat menganalisis umpan balik untuk meningkatkan produk, layanan, dan memanfaatkan ulasan yang baik untuk membangun kepercayaan pelanggan serta meningkatkan penjualan.

Meski alat CRM bisa dibeli terpisah, aplikasi manajemen garansi digital dengan CRM bawaan bisa menghemat banyak uang. Selain itu, aplikasi ini dapat  mengelola seluruh pengalaman after sales dari satu layar. 

6. Apakah aplikasi manajemen garansi ini berbasis cloud?

Solusi manajemen garansi berbasis cloud adalah pilihan yang baik. Sebab aplikasi manajemen berbasis cloud mampu menyimpan semua data penting di satu tempat dan pelaku bisnis tak perlu dipusingkan dengan instalasi hardware.

Kesimpulan

Kepuasan pelanggan adalah metrik kesuksesan yang penting bagi banyak perusahaan. Dan kepuasan pelanggan tersebut bisa dicapai dengan kebijakan garansi yang kuat.

Memastikan bahwa bisnis Anda setiap mungkin dalam hal manajemen garansi bukanlah keputusan yang bisa dianggap enteng. Namun aplikasi yang tepat bisa membantu memuluskan proses kerja manajemen garansi.

Itulah mengapa enam hal di atas dapat menjadi acuan untuk memilih aplikasi manajemen garansi yang pas untuk bisnis Anda. Semoga informasi ini bermanfaat!

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp
👋 Halo,ada yang bisa kami bantu?