Aplikasi Distribusi untuk E-Commerce

by | Jan 25, 2023 | Blog, Aplikasi Distribusi

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Digital 2022 Global Overview Report, Indonesia menempati urutan kelima sebagai negara yang kerap berbelanja online. Dimana presentase pelanggan  e-commerce mencapai 36%. Hal ini menjadi salah satu dorongan meningkatnya pertumbuhan e commerce. Tak jarang, fenomena e-commerce memunculkan kasus baru yaitu manipulasi yang merugikan konsumen. 

Sebagai salah satu mitigasi manipulasi di e-commerce, aplikasi distribusi dibutuhkan dalam hal ini. Aplikasi distribusi diartikan sebagai aplikasi yang digunakan untuk mengelola  seluruh proses distribusi.

Aplikasi Distribusi E Commerce

Aplikasi distribusi e-commerce bertugas dalam mengelola proses distribusi produk yang dijual melalui toko online atau platform e-commerce. Aplikasi ini memungkinkan perusahaan untuk pengelolaan inventori, pengaturan pengiriman, dan pelacakan kiriman produk yang dibeli oleh pelanggan melalui toko online.

Fitur-fitur dan Manfaat Aplikasi Distribusi 

Dalam dunia pendistribusian e commerce, aplikasi distribusi membantu menyederhanakan seluruh alur dan aktivitas distribusi. Sehingga dapat meningkatkan tingkat efisiensi, minimalisir kehabisan stok dan memberikan akses data secara real dari distributor.

Aplikasi distribusi hadir dilengkapi beberapa fitur beserta manfaatnya. Dimana fitur dan manfaat yang mungkin tersedia dalam aplikasi distribusi e-commerce meliputi:

Integrasi dengan toko online

Aplikasi ini dapat digabungkan dengan toko online atau platform e-commerce untuk memudahkan proses distribusi produk yang dibeli oleh pelanggan.

Manajemen Inventori

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola inventori produk, termasuk menambah atau mengurangi stok, mengevaluasi kondisi inventori saat ini.

Sidig Aplikasi Distribusi Barang

Sidig adalah aplikasi distribusi berbasis web dengan layanan all in one bagi perusahaan atau pengguna. Sidig mengambil peran dalam mengoptimalkan manajemen rantai pasok dan layanan after sales produk. Sehingga dapat menjadi dukungan operasional bisnis dan pelaksanaan regulasi.

5 Ekosistem Sidig Dalam Kegiatan Distribusi

Sidig memiliki 5 alur ekosistem yang terintegrasi dan terhubung satu sama lain seperti:

1. Sidig Distributor Utama (Principal)

Portal yang ditujukan kepada distributor utama dalam memanajemen seluruh aktivitas dan proses terkait dengan pengelolaan distribusi produk dan layanan after sales.

2. Sidig Distributor

Portal yang ditujukan kepada distributor dalam membantu memanajemen distribusi sampai pembelian produk

3. Sidig Toko

Portal yang akan membantu dalam pelaksanaan kegiatan yang mencakup pada penjualan produk, konsumen hingga garansi produk.

4. Sidig Customer

Aplikasi Mobile yang bertugas membantu konsumen dalam melaksanakan aktivasi, klaim garansi hingga mengenali informasi produk secara self service.

5. Sidig Service dan Perawatan

Portal yang digunakan pihak service center dalam misi membantu proses ataupun alur kerja perawatan dan service barang. Sehingga meningkatkan keefektifitasan dan tercatat dalam sistem.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Sidig ?

Sebagai aplikasi manajemen, pencatatan dan pelaporan distribusi, Sidig hadir dengan berbagai keuntungan bagi setiap penggunanya seperti:

1. Tracking Distribusi Produk

Sidig berperan dalam mentracking atau melacak pendistribusian produk secara otomatis. Sehingga proses distribusi menjadi lebih mudah, praktis dan lengkap hanya dalam satu platform saja.

2. Manajemen Keluhan

Adanya keluhan pelanggan yang sering terjadi dan kurang dikelola dengan baik akan berpengaruh pada penilaian performa perusahaan. Sidig hadir dalam membantu memanajemen keluhan sehingga lebih terkontrol. 

Dengan Sidig, pendokumentasian dan penanganan keluhan akan jauh lebih optimal dan sesuai dengan regulasi yang berjalan.

3. Pengoptimalan Layanan After Sales

Terdapat beberapa perusahaan layanan yang kurang memperhatikan pelayanan after sales. Padahal hal ini penting peranannya dalam proses bisnis.

Sidig sebagai salah satu aplikasi distribusi e commerce hadir untuk mempermudah pengelolaan layanan after sales produk. Sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen perusahaan.

4. Pelayanan Cepat dan Efisien

Dengan platform Sidig, proses bisnis dan pengelolaan klaim garansi produk dapat lebih efisien dan singkat.

5. Manajemen Perawatan Produk

Segala macam aktivitas maintenance perusahaan akan dikelola dan di manajemen secara terstruktur. Hal ini sebagai salah satu peranan Sidig dalam mempermudah pengelolaan perawatan produk dan meningkatkan kualitas perusahaan anda.

6. Meningkatkan Pemasaran dan Pengelolaan Pemesanan Produk

Dengan platform Sidig, anda akan jauh lebih mudah menjangkau konsumen. Sehingga memungkinkan dalam menjaring konsumen yang lebih banyak. Tidak hanya itu, manajemen pemesanan dengan e-commerce akan jauh lebih mudah dan efisien.

Optimasi Performa Bisnis Dengan Aplikasi Distribusi

Sekarang anda sudah mengetahui manfaat menggunakan aplikasi distribusi untuk e-commerce maupun bisnis yang sedang anda jalankan. Selanjutnya, anda hanya perlu mendaftar ke aplikasi distribusi yang tepat untuk memaksimalkan kegiatan distribusi anda.

Bila anda butuh bantuan maupun pertanyaan lainnya, jangan ragu untuk konsultasikan kebutuhan bisnis anda bersama kami.

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp
👋 Halo,ada yang bisa kami bantu?