Sistem Distribusi

PLM

Distribusi Alkes

CRM

CX Management

Supply Chain

Aplikasi Pencatatan Garansi Produk dengan Sidig

by | Jun 18, 2022 | Blog, Garansi Digital

Semakin pesatnya perkembangan teknologi di industri 4.0 ini juga membuat berbagai macam produk digital terus bermunculan. Banyak sektor bisnis memetik efek positif dari era digital ini.

Dalam sektor jual-beli barang, kecanggihan teknologi juga dapat dimanfaatkan dalam berbagai aktivitasnya, salah satunya dalam hal garansi produk. Sebelum hadir aplikasi pencatatan garansi produk, urusan garansi produk masih dilakukan dengan cara konvensional yaitu kartu garansi fisik. Kabar baiknya, aplikasi pencatatan garansi produk sudah diciptakan dan dikembangkan.

Semakin mudahnya pengurusan garansi produk dengan aplikasi pencatatan garansi produk, keuntungan tentu dapat dirasakan oleh kedua belah pihak, baik penjual maupun pembeli. Aplikasi pencatatan garansi produk berpotensi semakin menjadi incaran pelaku bisnis jual-beli barang untuk terus meningkatkan penjualan dan mengantongi kepercayaan kustomer.

Mengapa Beralih ke Garansi Digital?

Di era digital saat ini, berkembangnya teknologi menawarkan kemudahan hidup yang hampir merata di semua aspek kehidupan. Khususnya bagi perusahaan untuk menjalankan bisnisnya, teknologi menjadi solusi yang memberikan banyak keuntungan.

Teknologi memungkinkan berbagai aktivitas bisnis terkomputerisasi dan berjalan secara efektif dan efisien dengan sistem berbasis online, terlebih setelah masa pandemi. Biasanya produk digital menyediakan satu platform untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

Tidak ketinggalan pada sektor bisnis jual-beli barang untuk menggunakan kemajuan teknologi dalam melakukan aktivitas pencatatan garansi produk. Tersedia banyak aplikasi yang dikembangkan untuk mendigitalisasi dan membantu kelancaran pencatatan garansi produk.

Sistem Manajemen Garansi Digital

Sebuah brand berinvestasi pada atribut yang berkaitan dengan garansi di mana sistemnya dapat dilakukan dengan internet. Sederhananya, detail kontak konsumen, tanggal dan lokasi pembelian, detail produk dan penjual, dan hal-hal lainnya tersusun dan terekspor dalam sebuah aplikasi yang menjalankan sistem manajemen purna jual.

Dalam bentuk yang terdigitalisasi, data garansi dapat diakses oleh kedua belah pihak: manufaktur dan pengguna produk, kapanpun dan di manapun. Keuntungan dari proses pemberlakuan aplikasi pencatatan garansi produk ini yaitu dapat memangkas biaya, karena pencatatan garansi produk dapat dirubah, ditransfer, dan diatur dari manapun.

Benefit bagi Principal

Sebuah bisnis pasti mencari keuntungan yang mengintegrasi manajemen garansi untuk mengeleminasi celah pada bisnis mereka dan pemrosesan siklus hidup produk. Benefit yang dapat diwujudkan oleh principal atau pemilik perusahaan yang dapat dilihat secara instan dari penggunaan aplikasi pencatatan garansi produk yaitu seperti kenaikan revenue; meningkatkan kepuasan, kepercayaan, dan loyalitas kustomer, serta menarik kustomer menjadi pelanggan setia.

Untuk lebih kompleksnya, keuntungan yang diperoleh principal atau pemilik perusahaan ketika beralih ke sistem digital yaitu:

  • Sebuah sistem manajemen garansi digital dapat memonitor dan mengidentifikasi tren untuk memastikan metrik kualitas benchmark pada tahap awal sebuah produk dikembangkan. Hal ini menciptakan efisiensi di hampir semua proses operasional. Pada intinya, kombinasi dari efisiensi operasional yang lebih baik dan kualitas produk dapat memberikan dampak positif.
  • Solusi manajemen garansi yang terkonsep dengan baik mengintegrasi informasi konsumen secara komprehensif untuk mendongkrak hubungan yang lebih baik dengan konsumen. Ketimpangan waktu pada garansi produk dapat diselesaikan dengan menilik kembali informasinya, sehingga dapat memberi kepuasan pada pelanggan. Dan tentunya pembeli yang puas selaras dengan kenaikan revenue bisnis.

Pengambilan Keputusan untuk Pengembangan Produk

Ketika manajemen pencatatan garansi produk tertata dengan rapi dan teratur, segala informasi terkait menjadi mudah untuk ditemukan. Aplikasi pencatatan garansi juga merekam segala aktivitas purna jual setelah proses jual-beli selesai.

Jika ada masalah dengan produk yang sudah dibeli, kustomer dapat mengajukan garansi melalui aplikasi pencatatan garansi produk. Dengan proses yang terkomputerisasi, segala macam cacat produksi, kelemahan produk, dan bahkan kebutuhan kustomer dapat tercatat dan tersimpan dengan baik. Dari data-data yang diperoleh tersebut, divisi pengembangan produk dapat menggunakannya sebagai acuan untuk pengembangan produk dan bahkan berinovasi untuk membuat produk yang lebih baik lagi.

Ekosistem Garansi dengan Sidig

Dengan semakin banyaknya produsen yang menggunakan aplikasi pencatatan garansi produk, maka ekosistemnya pun semakin terbentuk dan semakin dipermudah. Mulai dari produsen, distributor, dealer, reseller, service center, hingga kustomernya.

banner sidig

Sidig menawarkan solusi dengan seiring perkembangan era digital untuk ekosistem pelaku, pengawas, dan pengguna produk bisnis jual-beli barang. Sidig mengkategorikan ekosistemnya menjadi 5 jenis yaitu web apps for principal, mobile apps for customers, web apps for store, web apps for distributor, dan web apps for service center yang meliputi berbagai macam fitur layanan berkaitan dengan pencatatan garansi produk.

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!