Sistem Distribusi

PLM

Distribusi Alkes

CRM

CX Management

Supply Chain

Ketahui Cara Pemakaian Software CRM Untuk Strategi Bisnis Perusahaan Anda!

by | May 30, 2022 | Blog

Software CRM merupakan jenis teknologi yang sering dipakai di bidang bisnis. Tujuan dari CRM ini adalah sebagai salah satu strategi bisnis dengan mengetahui seberapa banyak kebutuhan dan perilaku pelanggan, sehingga dapat menarik prospek penjualan perusahaan. Untuk itu, supaya dapat menjaga hubungan yang baik antara konsumen dan perusahaan, Anda harus mengoptimalkan cara pemakaian software CRM.

Konsep dan Prinsip CRM

CRM (customer relationship management) pada dasarnya bekerja dengan memantau atau memperhatikan apa kebutuhan pelanggan. Hal ini dilakukan dengan mencatat dan merekam data klien yang didapat dari team. Setelah itu, CRM bisa mengklasifikasi mana klien retention, klien baru, dan klien repeat. Semua itu dilakukan supaya tim sales bisa mengidentifikasi jenis produk dan strategi penjualan yang tepat sesuai profil para klien.

Merawat dan menjalin hubungan dengan customer sangat perlu dilakukan untuk menciptakan citra perusahaan. Strategi penjualan Anda akan tepat sasaran dan membantu perusahaan mendapat keuntungan juga.

Cara Pemakaian Software CRM

Sekarang ini juga sudah banyak software CRM online yang bisa digunakan, salah satunya http://sidig.id/. Mengetahui bahwa ada potensi besar dalam penggunaan software CRM ini, membuat Anda harus pintar-pintar dalam menyusun strategi penjualan menggunakan CRM supaya optimal. Bagaimana cara mengoptimalkan CRM?

Memanfaatkan data sales dan identitas klien

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk mengoptimalkan kerja CRM, Anda harus memanfaatkan potensi dari CRM sendiri untuk bisnis Anda dengan cara mencatat semua data-data yang ada. Data yang ada di CRM bisa digunakan untuk menganalisa dan kemudian mengidentifikasi jenis permintaan apa yang ada di pasar. Setelah itu, sales team akan menyusun strategi penjualan dan menentukan jenis barang apa yang sering di-order.

Dalam hal ini, Anda dapat memaksimalkan penjualan perusahaan dengan memanfaatkan identitas klien. Sales team akan berfokus pada satu jenis barang saja yang paling sering diminta dan sesuai dengan profil pelanggan.

Perbarui data klien secara berkala

Software CRM akan menunjukkan data-data identitas pelanggan apabila sales team sudah memperbaharuinya. Apabila software belum perbaharui, maka tidak akan ada informasi ter-update tentang status pelanggan. Oleh karena itu, sales team harus selalu memasukkan data klien ke sistem secara berkala.

Manfaatkan data untuk strategi upselling dan cross selling

Strategi up selling adalah strategi yang digunakan dengan tujuan supaya mendorong adanya pembelian tambahan untuk barang yang lebih mahal dan berkualitas bagus dari pelanggan, sedangkan strategi cross selling adalah mendorong pelanggan untuk tetap membeli barang yang memang relevan dengan apa yang dibelinya.

Oleh karena CRM dapat merekam interaksi antara klien dan sales team, ini bisa dimanfaatkan untuk mengetahui strategi up atau cross selling yang akan digunakan.

Meskipun cara pemakaian software CRM masih belum familiar karena tidak pernah diajarkan di dunia pendidikan, Anda harus mulai mempelajarinya mulai sekarang. Nilai pendapatan dan investasi akan semakin meningkat apabila Anda dapat memaksimalkan penggunaan CRM ini.

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!