Sistem Distribusi

PLM

Distribusi Alkes

CRM

CX Management

Supply Chain

Manfaat Manajemen Garansi  bagi Pelaku Bisnis Alat Kesehatan

by | Feb 3, 2022 | Blog

Layanan garansi digital mungkin bagi produk seperti elektronik, sepeda serta kendaraan sudah tidak asing lagi karena beberapa industri tersebut telah menyediakan layanan tersebut kepada konsumennya. Namun berbeda dengan produk alat kesehatan, diindustri ini belum banyak produk yang menyediakan layanan garansi digital. Perlu diketahui bahwa layanan garansi sendiri sangat penting bagi berjalannya sebuah produk karena dapat menumbuhkan kepercayaan dan kepuasan yang lebih kepada pelanggan. Dari banyaknya manfaat dari layanan garansi, sangat disayangkan bilamana perusahaan alat kesehatan tidak memberikan layanan tersebut. Terlebih alat kesehatan merupakan alat yang berkaitan dengan keselamatan penggunannya. 

Tidak dapat dipungkiri, bahwa dimasa pandemi saat ini baik kebutuhan dan penggunaan alat kesehatan sangat tinggi. Butuh perlakukan khusus untuk melakukan pengelolaan terhadap alat kesehatan baik dari hulu hingga hilir. Selain konsumen sebagai pengguna, pelaku usaha selaku produsen pun memiliki peranan penting dalam melakukan pengelolaan terhadap alat kesehatan. Peran produsen tidak hanya selesai saat produk sampai kepada konsumen saja, produsen juga harus mampu melakukan pemantauan terhadap produk yang telah digunakan oleh konsumen untuk memastikan produk yang telah beredar di pasaran benar-benar baik. Namun untuk melakukan pengawasan tersebut tentu bukan hal yang mudah terlebih jika jangkauan pemasaran produk sangat luas.

Di era saat ini melibatkan teknologi dalam melakukan pengelolaan terhadap produk bukanlah hal yang asing lagi. Memanfaatkan layanan garansi digital menjadi salah satu solusi yang dapat diambil untuk melakukan pemantauan terhadap produk yang ada pada konsumen. Tak terkecuali pada industri alat kesehatan yang menjadikan layanan garansi sebagai hal yang sangat penting. 

Berikut Terdapat Beberapa Manfaat Manajemen Garansi bagi Industri Alat Kesehatan :

  • Mempermudah Pengelolaan dan Pemeliharaan Alat Kesehatan

Dengan banyaknya jumlah dan jenis peralatan medis atau alat kesehatan yang tersebar di rumah sakit, pemeliharaan alat-alat tersebut menjadi hal penting bagi manajemen rumah sakit hingga pemasok. Untuk mempermudah pemeliharaan, anda sebagai distributor atau supplier dapat menggunakan sistem garansi digital. Melalui sistem tersebut, Anda dapat memantau produk yang sudah tersebar pada klien berdasarkan data pembelian produk hingga laporan klaim produk yang mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan seharusnya. Adanya data akan mempermudah Anda dan klien untuk melakukan pemeliharaan dengan baik, sehingga dapat mengurangi alat kesehatan yang mangkrak karena pemeliharaan yang kurang baik.

  • Mendukung Pelaksanaan CDAKB

Cara Distribusi Alat Kesehatan yang Baik (CDAKB) sebagai pedoman dalam merangkai distribusi dan pengendali mutu produk dengan tujuan untuk menjamin alat kesehatan yang didistribusikan. Untuk mendukung pelaksanaan CDAKB yang meliputi beberapa faktor seperti product traceability (mampu menelusuri produk), sistem garansi digital dapat membantu anda menjangkau produk yang telah tersebar dengan adanya data produk yang tercantum pada sistem tersebut.

  • Membantu Permudah Mengimplementasikan Field Safety Corrective Action (FSCA)

Sebagai pemasok alat kesehatan, mempunyai tanggung jawab mengenai masalah seperti bahaya yang muncul dari alat yang tidak berfungsi dengan semestinya yang memungkinkan dapat menimbulkan risiko yang besar pada alat tersebut. Dengan mengimplementasikan FSCA yang mencakup penerapan seperti pengembalian alat kesehatan ke pemasok, akan lebih mudah diterapkan dengan menggunakan sistem garansi digital. Dengan adanya data klien hingga pembelian yang tercantum pada sistem tersebut, dapat mempermudah pemasok dan klien dalam mengimplementasikan FSCA.

  • Mempermudah Penanganan Keluhan Pelanggan

Penanganan keluhan merupakan salah satu dari kegiatan distribusi yang wajib diterapkan CDAKB. Banyaknya produk yang tersebar di seluruh klien anda, akan tercantum menggunakan sistem garansi digital. Dengan menggunakan sistem tersebut akan mempermudah klien anda dalam mengajukan keluhan yang terjadi pada produk anda, sehingga anda dapat dengan cepat menangani keluhan tersebut. Adanya penanganan dan layanan yang baik, akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pelanggan anda.

Dari beberapa manfaat garansi digital yang telah disebutkan diatas, tentu dapat membantu Anda untuk memahami seberapa pentingnya pengelolaan layanan garansi pada produk-produk alat kesehatan. Untuk mempermudah dalam mengelola layanan garansi, Anda dapat menggunakan Sidig sebagai platform yang dapat membantu Anda dalam melakukan pengelolaan pada garansi produk. Selain itu platform tersebut juga dapat membantu pelanggan Anda dalam mengajukan klaim garansi menjadi lebih efektif dan efisien.

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!