Strategi Meningkatkan Revenue dari Scheduled Maintenance

by | Aug 22, 2022 | Blog, Preventive Maintenance

Aktivitas maintenance penting dilakukan demi menjaga performa peralatan kerja perusahaan. Supaya semua peralatan dapat terus berfungsi dengan baik dan memiliki masa pakai yang lama, maka sebaiknya dilakukan scheduled maintenance sehingga prosesnya dapat berjalan secara sistematis.

Jika semua peralatan kerja dapat berfungsi dengan optimal, maka kinerja karyawan pun menjadi lebih produktif sehingga proses produksi berjalan dengan baik dan lancar, mendukung meningkatkan revenue perusahaan. Selain itu, scheduled maintenance dapat menghindarkan downtime tak terduga yang biasanya akan memakan biaya yang mahal untuk mengatasinya. Scheduled maintenance juga dapat menghindarkan perusahaan dari biaya reparasi maupun penggantian alat atau onderdil peralatan kerja. Dengan terpangkasnya biaya-biaya ongkos tersebut, secara tidak langsung revenue perusahaan tetap terjaga dan tidak terpotong.

Bagaimana Cara Scheduled Preventive Maintenance Bisa Meningkatkan Penghematan?

Preventive maintenance (PM) berfokus pada pencegahan masalah sebelum kerusakan terjadi. Termasuk didalamnya tugas-tugas seperti pembersihan, pelumasan, penyesuaian, perbaikan, dan penggantian sebuah bagian. Setiap tugas tersebut dilakukan untuk menjaga peralatan bekerja pada kondisi prima untuk mencegah downtime dan perbaikan reaktif. Preventive maintenance yang terjadwal tentu akan mengoptimalkan proses pengelolaan dan pemeliharaan peralatan kerja.

Berikut benefit dari scheduled preventive maintenance dilihat dari bagaimana sistem baru dan cara berpikir ini dapat menaikkan revenue perusahaan:

1. Mengurangi Downtime

Dalam proses produksi, istilah ‘time is money’ adalah benar adanya. Setiap kali mesin dimatikan untuk perbaikan, Anda kehilangan sejumlah uang karena proses produksi tidak bisa berjalan yang artinya bisnis sedang tidak menghasilkan. Scheduled PM secara drastis mengurangi downtime karena tujuannya secara keseluruhan adalah mencegah downtime.

2. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Karena peralatan secara rutin dipelihara secara terjadwal, mereka bisa bekerja dengan kondisi optimal setiap saat. Ketika mesin bekerja lebih efisien, mereka tidak harus menggunakan banyak energi dan sumber daya, artinya penghematan telah tercapai.

3. Mengurangi Risiko Pemeliharaan Reaktif yang Mahal

Ketika sebuah peralatan rusak tiba-tiba; Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk tim pemeliharaan, waktu ekstra untuk mendiagnosa masalah, dan biaya ekstra bagian atau onderdil tertentu. Dengan PM yang terjadwal, pengecekan rutin dan pemeliharaan terencana bisa membantu menghindari perbaikan besar dan mahal.

4. Meningkatkan Masa Pakai Peralatan

PM juga dapat meningkatkan umur peralatan. Ketika semuanya terbaharui dan berfungsi dengan benar, Anda bisa memaksimalkan masa pakai mesin dan peralatan. Keawetan mesin dan peralatan adalah investasi.

5. Memperbaiki Layanan Customer Service

Kegagalan mesin dapat menunda proses produksi sehingga dapat menunda pengiriman barang juga. Hal ini bisa dihindari dengan PM. Konsumen akan senang ketika Anda bisa konsisten menyediakan produk berkualitas, servis on-time, dan pelayanan yang cepat sehingga mereka akan memberi ulasan lebih baik, lebih banyak referral, dan lebih banyak penjualan terjadi tentunya. 

Mengimplementasikan Program Scheduled Preventive Maintenance

Cara terbaik untuk memulai PM yaitu dengan riset opsi software PM. Ketika Anda memilih software PM yang tepat, transisi akan berjalan lebih lancar dan mudah tentunya.

Setelah Anda mendapatkan software PM, langkah selanjutnya yaitu mengatur jadwal PM semua peralatan satu persatu. Cara ini akan menghindarkan kewalahan. Meskipun ada beberapa biaya awal ketika Anda memulai, namun strategi ini dapat menyelamatkan uang perusahaan dalam jangka panjang.

Pengaruh Service and Maintenance pada Revenue

Revenue dari service and maintenance bisa membuat sebuah kontribusi penting untuk keseluruhan revenue. Service and maintenance bisa juga berkontribusi untuk revenue di masa mendatang dengan mengijinkan perusahaan untuk menghubungi konsumen dalam proses penjualan produk. Menyediakan service and maintenance berkualitas untuk konsumen dapat membantu menaikkan kepuasan dan loyalitas konsumen, meningkatkan kemungkinan perusahaan untuk mempertahankan konsumen dan menjaga level tinggi pembelian berulang.

Rencana Peningkatan Layanan After-sale

Layanan after-sale adalah sebuah sumber penting untuk revenue dan profit bisnis. Layanan after-sale membantu membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dan terbukti menjadi pembeda yang efektif bisnis Anda. Rencana peningkatan after-sale perusahaan sebaiknya berkonsentrasi pada mengidentifikasi layanan baru yang penting untuk konsumen Anda, mengurangi biaya pengiriman, memastikan kualitas produk, dan menaikkan revenue dan profit dari layanan after-sale.

Sebuah all-in-one platform yang terintegrasi, yang bisa dimanfaatkan untuk proses scheduled preventive maintenance dan sekaligus juga menyediakan layanan after-sale merupakan solusi cerdas untuk bisnis perusahaan Anda.

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp
👋 Halo,ada yang bisa kami bantu?