Pencatatan Alat Perusahaan dengan Software Manajemen Inventaris

by | Jun 27, 2022 | Blog, Manajemen Inventaris

Era digital melahirkan banyak teknologi yang dapat memberikan dampak positif pada sektor bisnis, baik bisnis skala besar maupun skala kecil. Contoh hasil perkembangan teknologi tersebut yaitu software manajemen inventaris.

Pencatatan alat perusahaan termasuk dalam aktivitas manajemen inventaris yang prosesnya akan lebih mudah dan cepat dilakukan dengan bantuan software manajemen inventaris. Khususnya untuk perusahaan berskala besar, hadirnya software manajemen inventaris menjadikan prosesnya lebih efektif dan efisien.

Manajemen inventaris yang dilakukan secara konvensional masih mungkin untuk dilakukan pada bisnis berskala kecil. Namun, jika bisnis terus tumbuh dan berkembang semakin besar, cara konvensional bisa mengkonsumsi banyak energi, waktu, dan biaya. Sehingga, proses terdigitalisasi dan automasi menjadi solusi yaitu menggunakan software manajemen inventaris.

Apa yang Dimaksud dengan Manajemen Inventaris?

Sederhananya manajemen inventaris adalah sebuah proses penyimpanan dan penggunaan inventaris perusahaan. Inventaris perusahaan berupa aset berwujud seperti peralatan kerja, mesin, gedung, produk untuk dijual, dll.

Manajemen inventaris adalah salah satu aspek terpenting dalam sebuah bisnis. Perusahaan bisa kehilangan klien dengan jumlah yang signifikan jika tidak dibarengi dengan inventaris yang baik dan tertata. Sangatlah penting untuk memelihara sistem yang akurat untuk menghindari risiko dan pemborosan. Beberapa konsekuensi jika tidak mempunyai manajemen inventaris adalah kurangnya keseimbangan inventaris, biaya meningkat, hubungan vendor-konsumen yang lemah, dan kurangnya produktivitas kinerja perusahaan.

Cara Menyederhanakan Manajemen Inventaris

Sebaiknya pilih sistem manajemen inventaris yang sederhana namun menyeluruh. Jika manajemen inventarisnya rumit, nanti justru malah akan menimbulkan kendala dan mempersulit kinerja perusahaan; sehingga pemilihan cara, teknik, atau metode dalam menerapkan manajemen inventaris juga harus dipikirkan dan dibuat secara matang.

Berikut beberapa dampak dari teknologi yang dapat menyederhanakan sistem manajemen inventaris:

1. Tatanan yang Intuitif

Yang dimaksud dengan intuitif di sini yaitu mudah untuk digunakan dan dimengerti. Sebuah sistem manajemen inventaris menyediakan tatanan yang sifatnya end-to-end sehingga sebuah bisnis dapat mengelola seluruh tahapan siklus hidup tatanan inventaris secara efisien. Sistem tersebut juga menjamin pengaturan yang menyeluruh bagi tatanan konsumen mulai dari pelunasan keuangan hingga kepuasan pemesanan.

Sebuah software manajemen inventaris memungkinkan Anda untuk menyederhanakan alur kerja yang kompleks. Anda bisa secara otomatis mengelola dan memperbarui status stok inventaris sambil mengontrol stok habis dan kelebihan stok. Dengan demikian, Anda dapat mengoptimalkan omset inventaris Anda menggunakan software tersebut dan dengan strategi yang tepat.

2. Pergudangan yang Efektif dan Fulfillment

Sebuah operasional supply chain dengan pergudangan yang kuat adalah rahasia sukses sebuah bisnis. Pergudangan yang aktif menjamin CRM, inventaris, pembelian, accounting, dan alur kerja lainnya.

Operasional gudang mensyaratkan proses-proses yang efisien dan tim yang bisa dipercaya bersamaan dengan menjaga fulfillment cost tetap rendah. Anda bisa memilih sistem manajemen inventaris yang berprinsip cepat, akurat, dan menguntungkan operasional gudang.

Software membantu bisnis untuk menaikkan akurasi keseluruhan sambil mengoptimalkan proses dan produktivitas. Sekalinya Anda menerapkan software manajemen inventaris, Anda tidak perlu khawatir lagi tentang fulfillment pergudangan.

3. Kemudahan untuk Menjual di Marketplace

Saat ini banyak perusahaan memilih menjual produk mereka di marketplace. Strategi tersebut memberikan alternatif untuk menaikkan pertumbuhan revenue dan jangkauan konsumen. Penting untuk mencari tools yang menawarkan layanan manajemen inventaris yang intuitif untuk membantu sebuah perusahaan untuk berjualan di multiple markets di seluruh dunia.

Software manajemen inventaris yang tersentralisasi memungkinkan kontrol inventaris yang disesuaikan dengan kebutuhan yang spesifik untuk marketplace. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah menghindari penurunan penjualan, inventaris yang tidak terjual, dan konsumen yang tidak puas.

4. Manajemen Inventaris Ritel yang Mudah

Manajemen inventaris ritel benar-benar bergantung pada proses, karyawan, dan teknologi. Jika salah satu aspek tersebut ada yang gagal, kemungkinan besar bisnis akan mengalami kegagalan juga. Sebuah sistem manajemen inventaris online memberikan akses ke data kapanpun dan di manapun. Karyawan juga akan dengan mudah mengecek ketersediaan stok dan lokasinya, sedangkan manajer bisa menjaga biaya, penjualan, dan diskon tetap pada jalurnya.

Software ritel memungkinkan Anda untuk menghasilkan laporan dengan cepat mengenai informasi penjualan terkini hingga puncak diagram penjualan. Dengan berbagai pembaruan informasi yang terautomasi, Anda dapat terbantu dalam hal pengambilan keputusan untuk terus memompa angka penjualan.

5. Penghematan Biaya

Software manajemen inventaris dapat mengurangi stok lama dan kelebihan stok dengan menetapkan level rata-rata dan menghitung keamanan stok. Sangatlah krusial untuk mempunyai data akurat untuk memastikan perusahaan memiliki inventaris yang tepat. Dengan meninggalkan proses manual, perusahaan juga dapat memangkas biaya dan menghindari penundaan yang disebabkan oleh kesalahan.

Salah satu aspek yang sangat mendukung penghematan yaitu sistem automasi. Software manajemen inventaris yang terautomasi dapat memangkas ongkos karena tidak membutukan SDM ekstra, tidak memerlukan peralatan perangkat keras yang banyak seperti alat tulis, dan lain-lain sehingga bisnis berjalan lebih efisien.

Mengapa Software Manajemen Inventaris Penting untuk Perusahaan?

Menurut riset pada metrik performa kontrol inventaris, inventaris yang baik mensyaratkan minimal 95% keakuratan. Software menjawab aspek keakuratan tersebut. Ini dia alasan kenapa software manajemen inventaris penting untuk perusahaan:

  • Omset inventaris adalah kunci untuk pertumbuhan laba
  • Pemangkasan biaya yang tidak perlu
  • Penghematan tempat
  • Memaksimalkan waktu kerja
  • Menunjang kepuasan kustomer

Bagaimana Teknologi Berperan dalam Manajemen Inventaris?

Pemilihan jenis software yang tepat adalah hal yang krusial. Pilih satu yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Penerapan sistem manajemen inventaris berbasis software dapat membuat kinerja karyawan lebih efisien. Software menawarkan kustomisasi yang berkaitan dengan lokasi, tipe atau jenis inventaris, dan mekanisme sistem lainnya dilakukan di satu tempat yang tersentralisasi. Terlebih banyak proses yang jika dalam cara konvensional memerlukan tenaga SDM ekstra, menjadi lebih efektif karena kinerjanya digantikan oleh satu platform online saja.

Dalam proses manajemen inventaris bisnis Anda, Sidig hadir untuk menjadi bagian darinya. Selain untuk membantu dalam proses penggaransian produk, Sidig juga mempunyai fitur untuk melacak produk, perbaikan produk, dan kerusakan produk. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa langsung kunjungi lama resminya di https://sidig.id/

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp
👋 Halo,ada yang bisa kami bantu?