Software Manajemen Purna Jual untuk Alat Kesehatan

by | Jun 17, 2022 | Blog, Manajemen Purna Jual

Seorang kustomer pasti menginginkan kebaikan maksimal dari sebuah produk yang dibeli. Terlebih bagi yang sudah berlangganan atau melakukan pembelian berulang sebuah produk, pasti sudah mengenali keunggulan produk yang dijual dan seperti apa pelayanan penjualnya.

Salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh seorang kustomer adalah jaminan purna jual sebuah produk. Manajemen purna jual yang mudah dan cepat menjadi aspek yang dapat memupuk kepercayaan kustomer kepada penjual.

Sama halnya ketika membeli sebuah alat kesehatan, salah satu pertimbangan utama ketika membeli yaitu apakah ada manajemen purna jual produknya. Manajemen purna jual menjadi jaminan keamanan kustomer dan bisa menjadi daya tarik pembeli untuk menjadi pelanggan tetap di sebuah toko.

Mengapa Produsen Alat Kesehatan Harus Menggunakan Sistem Purna Jual?

Produsen alat kesehatan mempunyai banyak skala prioritas dan seringkali sistem Customer Relationship Management (CRM) dapat membantu mencapai target-target yang ingin dicapainya tersebut.

Segala informasi datang dari berbagai tempat dan divisi sehingga membuat karyawan kebingungan untuk mengumpulkan dan menemukan informasi di satu tempat. Kendala seperti ini seharusnya dicari solusinya. Alangkah praktisnya jika segala informasi dapat ditemukan dari satu platform. Produsen alat kesehatan seharusnya mengevaluasi platform dan mempertimbangkan untuk mengaplikasikan sistem CRM guna melihat apakah sistem tersebut dapat membantu jalannya bisnis.

Sistem purna jual merupakan salah satu prioritas dari produsen alat kesehatan demi menjaga keamanan barang dan kepercayaan konsumen. Manajemen purna jual juga menjadi pengaplikasian dari sistem CRM karena dengan memberikan sistem purna jual, produsen alat kesehatan juga menerapkan manajemen hubungan dengan konsumen.

Menerapkan Manajemen Purna Jual untuk Alat Kesehatan

Penerapan manajemen purna jual untuk alat kesehatan dapat memberi banyak keuntungan bagi produsen purna jual sendiri seperti loyalitas konsumen. Salah satu aktivitas yang merupakan bagian dari manajemen purna jual untuk alat kesehatan yaitu seperti layanan kepada konsumen yang membeli alat kesehatan dan mempunyai keluhan atau klaim setelah kegiatan jual-beli berakhir.

Biasanya produsen alat kesehatan memberi ketentuan untuk sistem purna jual produk-produknya. Misalnya, sistem purna jual berlaku bagi konsumen yang memiliki keluhan atas produk alat kesehatan yang dibelinya karena terdapat cacat produksi. Selain itu, bisa juga diberlakukan untuk keluhan seperti alat kesehatan yang dibeli mengalami kerusakan atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan ketentuan-ketentuan tertentu konsumen bisa klaim sistem purna jual untuk mendapat produk baru (penggantian) atau bebas biaya servis. Kembali lagi kepada ketentuan sistem purna jual masing-masing produsen alat kesehatan dalam menerapkan manajemen purna jualnya.

Selain garansi produk, beberapa aktivitas purna jual lainnya seperti layanan konsultasi dan pemeliharaan berkala alat kesehatan, penyediaan aksesoris atau spare part, dan perbaikan atau servis alat kesehatan.

Benefit untuk Manufaktur Alat Kesehatan

Keuntungan dari manajemen sistem purna jual dapat dirasakan oleh kedua belah pihak, baik produsen alat kesehatan maupun kustomernya. Beberapa keuntungan yang dirasakan oleh manufaktur alat kesehatan yaitu:

  • Pendekatan terstruktur untuk meningkatkan kinerja jaringan para dealer.
  • Output purna jual yang solid, dapat dipercaya, dan menguntungkan.
  • Kepuasan dan loyalitas konsumen.
  • Mengkonversi konsumen menjadi pelanggan tetap.
  • Monitoring tim yang lebih berkomitmen.

Terintegrasi dengan Sistem Distribusi Alat Kesehatan

Manajemen purna jual akan lebih mudah diatur ketika terintegrasi dengan sistem distribusi alat kesehatan. Pengintegrasian manajemen purna jual dengan sistem distribusi alat kesehatan dapat diwujudkan menggunakan teknologi seperti software CRM.

Dengan menggunakan software CRM dalam menjalankan bisnis alat kesehatan, klaim garansi dan seluruh aktivitas jual-beli dapat dilakukan dalam satu platform saja. Software tersebut juga bisa untuk menampilkan kelengkapan barang yang tersedia, dan riwayat alat kesehatan yang sudah terjual pun juga dapat terlacak.

Pencatatan Garansi Alat Kesehatan (Service Record)

Software CRM memberi kemudahan bagi produsen alat kesehatan dan konsumen dengan berbagai macam layanan di dalamnya. Pencatatan garansi alat kesehatan termasuk dalam manajemen purna jual yang dapat juga dilakukan dengan bantuan teknologi menggunakan software CRM.

Jika pencatatan garansi alat kesehatan masih dilakukan dengan cara lama yang konvensional, sangatlah tidak efektif dan efisien karena memakan waktu, tempat, energi, biaya, dan teknisnya pun terkadang rumit. Jika pencatatan garansi dilakukan di satu platform, tentunya lebih mempercepat dan mempermudah prosesnya.

Platform Sidig untuk Alat Kesehatan

Sidig.id hadir sebagai solusi untuk bisnis alat kesehatan. Sebuah platform berbasis software CRM yang dapat memudahkan manajemen purna jual bagi produsen alat kesehatan. Digitalisasi layanan purna jual mampu memberi benefit bagi produsen alat kesehatan dan memberi kemudahan bagi pelanggan, menjadi salah satu kunci kesetiaan pelanggan terhadap brand.

banner sidig

Kehadiran software CRM Sidig.id menjadi all-in-one platform bagi perusahaan atau brand produk alat kesehatan untuk memaksimalkan layanan purna jual pelanggan (customer retention) dengan berbagai fitur di dalamnya seperti penggaransian produk, pusat servis, produksi kode QR, pembuatan marketing campaign, pemantauan produk, dan data engagement.

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp
👋 Halo,ada yang bisa kami bantu?