Dalam hal pendistribusian barang, distributor sebagai pemeran utama memegang peranan penting dalam hal ini. Karena tak sedikit masalah-masalah yang terjadi saat proses pendistribusian barang. Kira-kira masalah apa saja yang sering timbul saat proses distribusi?
Table of Contents
Permasalahan Yang Kerap Terjadi Saat Proses Distribusi
Dunia pendistribusian barang erat kaitannya dengan sistem keamanannya. Pihak distributor perlu mengontrol secara ekstra karena bertanggung jawab penuh terhadap produk atau barang yang dikirimkan. Namun nyatanya masih banyak masalah atau hambatan yang ditemui seperti berikut:
1. Product Tracking
Human Error adalah hal yang kemungkinan dapat terjadi secara alamiah di sebuah perusahaan. Sering kali beberapa barang yang akan dikirim tercampur dan kurang terorganisir. Ini menjadi alasan pentingnya product tracking agar perusahaan dapat mengetahui stok produk yang tersedia.
2. Customer Service
Sebelum distribusi barang, perusahaan akan menghimpun informasi terkait preferensi konsumen terhadap produk, riwayat transaksi dan follow up. Demi menjaga performa perusahaan, pelacakan review, komplain konsumen hingga pengembalian produk.
Banyaknya informasi data konsumen, mengharuskan perusahaan untuk bersiap menganalisa informasi. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan dapat dengan mudah mengelola barang dan sesuai dengan permintaan konsumen.
3. E-commerce Yang Semakin Melonjak
Walaupun kedengarannya baik, lonjakan e-commerce yang terjadi pada B2B dan B2C harus mendapatkan perhatian dari perusahaan. Diperlukan kesiapan dalam mengevaluasi strategi bisnis dan pertimbangan dalam menyertakan e-commerce ke channel mereka.
4. Data Stok Tidak Update
Permasalahan yang kerap terjadi pada data stok adalah pendataan belum terupdate sehingga memiliki tingkat akurasi yang rendah. Maka, sudah menjadi tanggung jawab perusahaan untuk memperbaharui informasi data stok.
Kejadian di atas sulit dihindari pada pendataan yang masih manual dan belum menggunakan aplikasi distributor barang. Sehingga perusahaan perlu mengambil tindakan agar terhindar dari kerugian yang lebih besar.
5. Informasi Tidak Real-Time
Dalam hal ini, informasi yang lengkap mengenai waktu pendistribusian, ketersediaan barang, jumlah barang dan informasi lain sangat penting untuk diinformasikan real-time ke divisi terkait.
6. Tuntutan akan Kondisi yang Lebih Baik
Ritel dan bisnis skala besar biasanya membebankan penalti pada distributor. Keterlambatan pengiriman atau saat produk tidak tersedia menjadi alasan utamanya.
Tak hanya itu, pengenaan denda juga dilakukan ketika perusahaan tidak akurat memberikan informasi.
7. Transportasi Distribusi
Permasalah umum yang sering terjadi adalah alat transportasi distribusi. Pasalnya tidak mudah bagi perusahaan mengukur tingkat efisiensi transportasi. Tentu saja bila dilakukan dengan proses manual tidak akan efektif.
8. Kurangnya Jaminan Keamanan Barang
Semua konsumen nampaknya menginginkan barang yang diterima dalam kondisi yang baik dan tidak ada kerusakan. Namun, realitanya belum banyak perusahaan distributor yang berani memberikan jaminan atas kerusakan barang, salah satunya adalah pemberian garansi.
Barang yang telah dikirimkan dan memiliki kondisi yang kurang baik, tentunya akan mempengaruhi penilaian dan kepercayaan konsumen.
Solusi Dalam Satu Aplikasi Distribusi
Adanya masalah yang muncul, menjadi hambatan tersendiri bagi perusahaan terkhusus principal. Sehingga, aplikasi distributor memang diperlukan pada setiap kegiatan distribusi.
Aplikasi distributor ini merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dalam mensupport kelancaran proses distribusi.
Sidig Aplikasi Distributor Indonesia
Salah satu aplikasi distributor Indonesia yang menawarkan pelayanan distribusi terlengkap adalah Sidig. Hadir sebagai aplikasi all-in-one, Sidig menjadi solusi dalam hal pendistribusian dan pelayanan aftersales secara optimal.
Dengan aplikasi Sidig, tentu akan mempermudah anda sebagai principal untuk monitoring dan melacak data distribusi melalui menu yang ada.
Siapa Saja Yang Bisa Menggunakan Sidig ?
Dalam menanggapi kebutuhan pelanggan, Sidig hadir untuk memfasilitasi seluruh ekosistem distribusi dengan berbagai fitur. Lalu apa saja ekosistem Sidig? Fitur apa saja yang didapat?
1. Aplikasi Untuk Principal (Produsen)
Fitur yang Anda dapatkan : Product Tracking, Generate QR Code, Repair Tracking, Penjadwalan Maintenance, Penggaransian Produk, Kemenkes Report
2. Aplikasi Untuk Distributor
Fitur yang Anda dapatkan : Product Tracking, Delivery Tracking, Product List, Sales List, Online Purchasing, Purchasing Reports
3. Aplikasi Untuk Toko
Fitur yang Anda dapatkan : Customer Data, Product Tracking, Product List, Sales List dan Warranty Activation
4. Aplikasi Untuk Customer
Fitur yang Anda dapatkan : Warranty Activation, Digital Warranty Card, Product Information, Maintenance Scheduler dan Remote Warranty Claim
5. Aplikasi Untuk Service dan Perawatan
Fitur yang Anda dapatkan : Remote Claim, Repair Status, Repair Report dan Warranty Validation
Mengapa Sidig?
Dengan fitur-fitur yang didapat, tentunya anda dapat meng-upgrade bisnis anda dalam hal distribusi dan mendapatkan keuntungan berikut :
Simple Product Tracking
Anda dapat dengan mudah melacak dan mendapatkan data berisi informasi mengenai penjualan barang, seperti kemana barang dijual sampai didistribusikan.
Mempermudah tracking data garansi
Tidak membutuhkan waktu lama bagi anda yang ingin melacak data aktivasi data garansi. Seperti halnya riwayat klaim garansi dan kerusakan barang.
Cepat dan Efisien
Dengan menggunakan aplikasi distributor Sidig, tentunya akan menyederhanakan proses bisnis dan pengelolaan klaim garansi menjadi lebih efisien.
Laporan Komprehensif dan real-time
Karena data yang terorganisir dan real-time, dapat menjadi pertimbangan saat mengambil keputusan.
Menaikan Performa Penjualan
Tidak hanya tracking barang, Sidig juga membantu anda dalam menganalisa trend pembelian dan demografi. Hal ini tentu dapat menjadi acuan dalam penerapan strategi penjualan selanjutnya
Menaikan Pelayanan Konsumen
Pelayanan konsumen yang baik dan efektif tentunya dapat mendorong konsumen untuk membeli kembali barang yang anda jual. Tentunya hal ini dapat menjadi good news, karena dapat menghemat marketing cost.
Saatnya Beralih ke Aplikasi Distributor Modern
Setiap pengguna memiliki kebutuhan berbeda dalam pendistribusian. Satu hal yang begitu penting adalah bagaimana distributor dapat memberikan pelayanan dengan jaminan keamanan barang dan garansi. Kenali dan konsultasikan kebutuhan bisnis anda kepada Sidig sekarang juga! Kontak kami!