Aplikasi Distributor Terlengkap untuk Principal

by | Jan 18, 2023 | Blog, Aplikasi Distribusi

Dalam hal pendistribusian barang, distributor sebagai pemeran utama memegang peranan penting dalam hal ini. Karena tak sedikit masalah-masalah yang terjadi saat proses pendistribusian barang. Kira-kira masalah apa saja yang sering timbul saat proses distribusi?

Permasalahan Yang Kerap Terjadi Saat Proses Distribusi

Dunia pendistribusian barang erat kaitannya dengan sistem keamanannya. Pihak distributor perlu mengontrol secara ekstra karena bertanggung jawab penuh terhadap produk atau barang yang dikirimkan. Namun nyatanya masih banyak masalah atau hambatan yang ditemui seperti berikut:

1. Product Tracking

Human Error adalah hal yang kemungkinan dapat terjadi secara alamiah di sebuah perusahaan. Sering kali beberapa barang yang akan dikirim tercampur dan kurang terorganisir. Ini menjadi alasan pentingnya product tracking agar perusahaan dapat mengetahui stok produk yang tersedia. 

2. Customer Service

Sebelum distribusi barang, perusahaan akan menghimpun informasi terkait preferensi konsumen terhadap produk, riwayat transaksi dan follow up. Demi menjaga performa perusahaan, pelacakan review, komplain konsumen hingga pengembalian produk.

Banyaknya informasi data konsumen, mengharuskan perusahaan untuk bersiap menganalisa informasi. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan dapat dengan mudah mengelola barang dan sesuai dengan permintaan konsumen.

3. E-commerce Yang Semakin Melonjak

Walaupun kedengarannya baik, lonjakan e-commerce yang terjadi pada B2B dan B2C harus mendapatkan perhatian dari perusahaan. Diperlukan kesiapan dalam mengevaluasi strategi bisnis dan pertimbangan dalam menyertakan e-commerce ke channel mereka.

4. Data Stok Tidak Update

Permasalahan yang kerap terjadi pada data stok adalah pendataan belum terupdate sehingga memiliki tingkat akurasi yang rendah. Maka, sudah menjadi tanggung jawab perusahaan untuk memperbaharui informasi data stok.

Kejadian di atas sulit dihindari pada pendataan yang masih manual dan belum menggunakan aplikasi distributor barang. Sehingga perusahaan perlu mengambil tindakan agar terhindar dari kerugian yang lebih besar.

5. Informasi Tidak Real-Time

Dalam hal ini, informasi yang lengkap mengenai waktu pendistribusian, ketersediaan barang, jumlah barang dan informasi lain sangat penting untuk diinformasikan real-time ke divisi terkait.

6. Tuntutan akan Kondisi yang Lebih Baik

Ritel dan bisnis skala besar biasanya membebankan penalti pada distributor. Keterlambatan pengiriman atau saat produk tidak tersedia menjadi alasan utamanya. 

Tak hanya itu, pengenaan denda juga dilakukan ketika perusahaan tidak akurat memberikan informasi.

7. Transportasi Distribusi

Permasalah umum yang sering terjadi adalah alat transportasi distribusi. Pasalnya tidak mudah bagi perusahaan mengukur tingkat efisiensi transportasi. Tentu saja bila dilakukan dengan proses manual tidak akan efektif.

8. Kurangnya Jaminan Keamanan Barang

Semua konsumen nampaknya menginginkan barang yang diterima dalam kondisi yang baik dan tidak ada kerusakan. Namun, realitanya belum banyak perusahaan distributor yang berani memberikan jaminan atas kerusakan barang, salah satunya adalah pemberian garansi.

Barang yang telah dikirimkan dan memiliki kondisi yang kurang baik, tentunya akan mempengaruhi penilaian dan kepercayaan konsumen.

Solusi Dalam Satu Aplikasi Distribusi

Adanya masalah yang muncul, menjadi hambatan tersendiri bagi perusahaan terkhusus principal. Sehingga, aplikasi distributor memang diperlukan pada setiap kegiatan distribusi.

Aplikasi distributor ini merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dalam mensupport kelancaran proses distribusi.

Sidig Aplikasi Distributor Indonesia

Salah satu aplikasi distributor Indonesia yang menawarkan pelayanan distribusi terlengkap adalah Sidig. Hadir sebagai aplikasi all-in-one, Sidig menjadi solusi dalam hal pendistribusian dan pelayanan aftersales secara optimal. 

Dengan aplikasi Sidig, tentu akan mempermudah anda sebagai principal untuk monitoring dan melacak data distribusi melalui menu yang ada.

Siapa Saja Yang Bisa Menggunakan Sidig ?

Dalam menanggapi kebutuhan pelanggan, Sidig hadir untuk memfasilitasi seluruh ekosistem distribusi dengan berbagai fitur. Lalu apa saja ekosistem Sidig? Fitur apa saja yang didapat?

1. Aplikasi Untuk Principal (Produsen)

Fitur yang Anda dapatkan : Product Tracking, Generate QR Code, Repair Tracking, Penjadwalan Maintenance, Penggaransian Produk, Kemenkes Report

2. Aplikasi Untuk Distributor

Fitur yang Anda dapatkan : Product Tracking, Delivery Tracking, Product List, Sales List, Online Purchasing, Purchasing Reports

3. Aplikasi Untuk Toko

Fitur yang Anda dapatkan : Customer Data, Product Tracking, Product List, Sales List dan Warranty Activation

4. Aplikasi Untuk Customer

Fitur yang Anda dapatkan : Warranty Activation, Digital Warranty Card, Product Information, Maintenance Scheduler dan Remote Warranty Claim

5. Aplikasi Untuk Service dan Perawatan

Fitur yang Anda dapatkan : Remote Claim, Repair Status, Repair Report dan Warranty Validation

Mengapa Sidig?

Dengan fitur-fitur yang didapat, tentunya anda dapat meng-upgrade bisnis anda dalam hal distribusi dan mendapatkan keuntungan berikut :

Simple Product Tracking 

Anda dapat dengan mudah melacak dan mendapatkan data berisi informasi mengenai penjualan barang, seperti kemana barang dijual sampai didistribusikan.

Mempermudah tracking data garansi

Tidak membutuhkan waktu lama bagi anda yang ingin melacak data aktivasi data garansi. Seperti halnya riwayat klaim garansi dan kerusakan barang.

Cepat dan Efisien

Dengan menggunakan aplikasi distributor Sidig, tentunya akan menyederhanakan proses bisnis dan pengelolaan klaim garansi menjadi lebih efisien.

Laporan Komprehensif dan real-time

Karena data yang terorganisir dan real-time, dapat menjadi pertimbangan saat mengambil keputusan.

Menaikan Performa Penjualan

Tidak hanya tracking barang, Sidig juga membantu anda dalam menganalisa trend pembelian dan demografi. Hal ini tentu dapat menjadi acuan dalam penerapan strategi penjualan selanjutnya

Menaikan Pelayanan Konsumen

Pelayanan konsumen yang baik dan efektif tentunya dapat mendorong konsumen untuk membeli kembali barang yang anda jual. Tentunya hal ini dapat menjadi good news, karena dapat menghemat marketing cost.

Saatnya Beralih ke Aplikasi Distributor Modern

Setiap pengguna memiliki kebutuhan berbeda dalam pendistribusian. Satu hal yang begitu penting adalah bagaimana distributor dapat memberikan pelayanan dengan jaminan keamanan barang dan garansi. Kenali dan konsultasikan kebutuhan bisnis anda kepada Sidig sekarang juga! Kontak kami!

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp
👋 Halo,ada yang bisa kami bantu?