Aplikasi Product Life-Cycle Management untuk Kelola Garansi

by | Jun 28, 2022 | Blog, Manajemen Purna Jual

Dalam bisnis jual-beli barang, memberikan kepuasan kepada pelanggan adalah salah satu strategi untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan tersebut dan akhirnya dia bisa menjadi pelanggan setia produk Anda. Kepuasan pelanggan menjadi kunci untuk mewujudkan tujuan seperti customer retention.

Salah satu cara untuk memperoleh kepuasan pelanggan adalah dengan memberikan layanan purna jual seperti pemberian garansi produk yang dibeli. Saat ini Anda sudah bisa memanfaatkan aplikasi product life-cycle management untuk menjalankan proses manajemen penggaransian produk. Aplikasi product life-cycle management menawarkan berbagai macam fitur yang bisa terintegrasi dengan proses bisnis lainnya juga seperti proses manajemen distribusi produk dan lain sebagainya.

Kehadiran aplikasi product life-cycle management menjadi salah satu solusi yang dapat menunjang kelancaran bisnis Anda. Bisa dibilang aplikasi product life-cycle management merupakan all-in-on app yang akan sangat memudahkan proses jual-beli produk bisnis Anda.

Apa itu Software Product Life-Cycle?

Product life-cycle (PLC) adalah siklus tahapan dari produk baru atau produk yang dikembangkan kembali, dari awal hingga akhir tahapan. Sebuah produk mempunyai 4 tahapan dalam siklusnya yaitu introduction, growth, maturity, dan decline yang jika diartikan secara harfiah adalah perkenalan, perkembangan, kedewasaan, dan penurunan. Setiap produk mempunyai kurva yang berbeda pada diagram penjualan dan waktu yang dihabiskan dalam setiap tahapnya. Ada juga beberapa produk yang berhenti di tahapan tertentu saja karena mengalami kegagalan di tahapan awal.

Sebuah perusahaan dapat menggunakan PLC untuk mengelola marketing dan sumber daya untuk kebutuhan produksi dan untuk merencanakan proses bisnis selanjutnya di masa mendatang. Software PLC adalah teknologi yang dirancang untuk membantu proses jalannya setiap tahapan dalam siklus keseluruhan. Software PLC dapat membantu perusahaan untuk mengelola projek, kebijakan, integrasi, perubahan kendali, dan kebutuhan kualitas dalam 5 area fungsional inti: manajemen data produk, manajemen informasi produk, pengembangan produk kolaboratif, pemberdayaan material secara langsung, dan manajemen kebutuhan kustomer serta manajemen portofolio produk.

Fungsi Software PLM

Jika semua departemen memiliki akses ke semua sumber informasi produk, performa mereka akan berkesinambungan dan tidak terputus. Software Product Life-cycle Management (PLM) dapat dipergunakan untuk memelihara dan menyimpan informasi terkait kebutuhan kustomer, mencatat timbal balik mereka, menciptakan daftar pustaka produk, melacak sample dan informasi pengiriman, melacak laju kesuksesan sample, dan mengurangi durasi dari pemesanan hingga pengiriman.

Software PLM juga dapat berfungsi untuk manajemen perumusan yaitu pengontrolan spesifikasi dalam berbagai industri seperti teknik (engineering), farmasi, makanan, dll. Anda dapat menggunakan software PLM untuk mengecek kesesuaian kondisi untuk formulasi yang spesifik, dan menjaga instruksi manufaktur tetap mudah dimengerti dan dijalankan.

Keuntungan Aplikasi PLM

Sangatlah membantu jika desain, manufaktur, sourcing, dan distribusi tersentralisasi di satu platform. Software PLM dapat mewujudkan sistem yang tersentralisasi tersebut. Keuntungan-keuntungan utama dari software PLM yaitu:

  • Penyaluran produk ke pasar berjalan lebih cepat
  • Menjaga produk tetap kompetitif
  • Menciptakan sistem yang tersentralisasi
  • Meningkatkan kualitas produk
  • Mengurangi ketidakproduktifan karyawan
  • Menghilangkan defisiensi dan gangguan
  • Memudahkan inovasi dan fitur baru
  • Informasi produk yang tersentralisasi
  • Menurunkan biaya secara keseluruhan

Pengelolaan Garansi dengan Aplikasi Product Life-Cycle

Garansi produk adalah salah satu strategi bisnis yang merupakan bagian dari pendekatan siklus hidup produk (PLM). Peran penggaransian produk sangatlah penting sebagai sarana promosi dan sebagai perlindungan produk. Keputusan-keputusan yang berkaitan dengan penggaransian produk termasuk di dalam framework yang meliputi product life-cycle dan dari perspektif bisnis yang menghubungkan teknikal dan isu komersial.

Penggaransian produk selain sebagai sarana promosi juga dapat memberikan keamanan dan merupakan bagian dari kenyaman layanan dari penjual atau produsen. Dengan memberlakukan sistem garansi, konsumen akan merasa aman dan menjadi loyal untuk melakukan pembelian berulang produk Anda. Aplikasi manajemen product life-cycle (PLM) dapat menunjang pelaksanaan sistem penggaransian produk sehingga proses yang terintegrasi dapat membuat kinerja menjadi lebih efektif dan efisien. Alhasil bisnis berjalan dengan baik dan lancar, linear dengan naiknya revenue perusahaan.

Sistem Garansi Digital

Pemberlakukan sistem garansi produk pada bisnis jual-beli barang menjadi salah satu daya tarik bagi konsumen untuk memilih membeli produk di perusahaan atau toko milik Anda. Sebelum ada teknologi garansi digital, sistem penggaransian produk masih dilakukan dengan cara konvensional yaitu dengan pemberian kartu garansi fisik kepada konsumen. Proses klaim pun menjadi lama, konsumen harus datang ke lokasi pembelian produk, membuat limbah kertas meningkat, penyimpanan kartu yang memakan tempat, dan pencatatan manual yang memakan waktu dan energi.

Solusi terbaik untuk mempermudah proses dan penghematan di berbagai macam aspek adalah beralih ke sistem digital di mana segala proses terkomputerisasi dengan sistem online. Sidig hadir menjawab tantangan tersebut, menawarkan proses digitalisasi yang terintegrasi dari layanan purna jual, khususnya sistem penggaransian produk. Sidig menawarkan sistem yang terintegrasi yaitu web apps for principal, web apps for customers, web apps for store, web apps for distributor, dan web apps for service center.

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp
👋 Halo,ada yang bisa kami bantu?