Peran Manajemen dan Strategi Distribusi dalam Menunjang Bisnis FMCG

by | Jan 11, 2023 | Blog, Distribusi Produk, Strategi

Sistem kerangka kerja manajemen distributor adalah hal yang esensial saat ini untuk menghadapi jaringan supply chain dan memenuhi tuntutan konsumen, baik distribusi barang maupun distribusi jasa. Hal tersebut memangku tahap-tahap supply chain yang terlibat dalam pengalokasian item yang telah selesai. Perakitan, pengemasan, inventaris, pergudangan, dan transportasi kantor semua termasuk di dalam proses ini.

Proses tersebut juga membantu manajemen promosi, peningkatan produktivitas, dan automasi proses sales. Sederhananya, itu semua adalah pengendali di belakang sales Anda dan usaha distribusi. Ada banyak kemungkinan tidak terbatas untuk alasan dan keuntungan dari menggunakan software sistem manajemen distributor (DMSS), dalam artikel ini juga akan dibahas mengapa perusahaan FMCG harus mengimplementasikan software sistem distribusi. Baca artikel ini sampai bawah, ya, untuk lebih mengenal peran bisnis distribusi berbasis web dalam menunjang perusahaan-perusahaan FMCG.

Mengenal Proses Distribusi Perusahaan FMCG?

FMCG adalah singkatan dari Fast Moving Consumer Goods, merupakan barang konsumsi yang tidak bertahan lama yang dijual seperti makanan pabrikan yang biasanya harganya terjangkau atau cenderung murah dan sangat banyak digunakan atau dikonsumsi oleh masyarakat. Barang-barang tersebut disebut juga consumer packaged goods

Contohnya yaitu termasuk pasta gigi, makanan instan, sabun, kue, buku, cokelat, dan masih banyak lagi. Produk-produk ini biasanya ditata di rak-rak supermarket seperti Indomaret, Superindo, Alfamart, dll. Tidak bertahan lama, permintaan banyak, dan harga terjangkau adalah beberapa sifat FMCG yang membuat mereka bisa terjual dengan sangat cepat.

Mengapa Bisnis FMCG Membutuhkan Peran Software Sistem Manajemen Distributor (DMSS)?

Berikut beberapa alasan pentingnya peran bisnis distribusi berbasis web untuk membantu perusahaan FMCG:

1.   Visibilitas yang Real-time

Akhir-akhir ini, bisnis FMCG bergantung pada informasi offline yang disediakan oleh distributor secara reguler, yang kita tidak tahu apakah itu real-time atau malah jangan-jangan tidak akurat. Meskipun begitu, Anda seharusnya tidak mengabaikan data-data yang krusial, seperti stok tersedia yang terkini dari distributor, pemenuhan antrian pesanan, permintaan pengembalian oleh ritel, dan lain sebagainya. Perusahaan bisa mempunyai visibilitas yang utuh dari eksekusi sales sekunder secara real-time dengan bantuan software sistem manajemen distributor (DMSS) pada situasi ini.

2.   Mengevaluasi Situasi di Lokasi Remote

Saat ini, perusahaan-perusahaan FMCG mengikat bersama jaringan distributor mereka untuk mulai mempercepat pen-channel-an item dari pabrik ke toko. Cukup berat untuk menerima kejelasan pengembangan item Anda dari semua distributor Anda ketika berhadapan dengan tantangan-tantangan seperti volume tinggi, manajemen waktu, dan lokasi geografi remote dari distributor. Terlepas dari apakah distributor bekerja di dalam kota atau di area semi perkampungan, Anda bisa memperoleh informasi yang Anda butuhkan dengan pemasangan software sistem manajemen distributor (DMSS).

3.   Sebuah Keuntungan yang Besar untuk Distribusi Anda

DMSS telah menunjukkan keuntungan besarnya dalam mendukung dan mengotomasi banyak aktivitas keseharian distributor. Automasi semua tipe pergerakan produk, invoicing dengan system-generated, data pembayaran, dan peringatan intelijen adalah beberapa contoh bagaimana DMSS bisa membuat ‘hidup’ distributor lebih mudah.

4.   Resolusi Klaim yang Lebih Cepat

Keuntungan lainnya dari logic ERP software sistem manajemen distributor adalah kemampuan untuk menyelesaikan klaim dengan cepat. Dengan DMSS, distributor dan perusahaan akan selalu punya pemahaman yang jelas terkait pengiriman dan pembayaran. Terlebih, semua klaim bisa diputuskan jauh lebih cepat dengan akomodasi klaim secara online menggunakan DMSS. 

Apalagi, semua klaim akan diselesaikan lebih cepat dengan akomodasi klaim secara online menggunakan DMSS daripada dengan kerangka kerja manual yang biasanya melibatkan proses multipel modifikasi diantara kedua belah pihak.

5.   Kontrol yang Lebih Baik atas Promosi dan Skema Perdagangan

Promosi dan skema adalah dua pondasi yang paling penting untuk sebuah firma FMCG. Cara usaha-usaha ini seringkali memerlukan biaya yang sangat mahal untuk bisnis. Software sistem manajemen distributor menjamin bahwa semua rekening dan saldo yang penting ada pada tempatnya ketika waktunya invoicing, sama halnya dengan menyediakan analisa detail dari setiap performa skema.

6.   Meningkatkan Kecepatan Pembaruan Stok

Perusahaan FMCG harus tetap mempertahankan level stok yang optimal pada touchpoint yang banyak, seperti stockist, distributor, dan ritel. Sistem distributor dalam logic ERP memberikan Anda informasi akurat mengenai stok, tanggal kadaluarsa, nomer grup, pengembalian, dan lain sebagainya. Perubahan yang signifikan bisa diterima dengan seksama kedepannya di area distributor, dan penggantian bisa disediakan secepat mungkin daripada sebelumnya.

7.   Perencanaan Produksi yang Baik

Idealnya, permintaan penataan modul ERP Anda seharusnya digabungkan dengan pemrograman software sistem manajemen distributor (DMSS) Anda. Setelah itu, mesin penjadwalan produksi ERP Anda akan mempunyai data yang jelas mengenai level stock real-time dan juga permintaan tertunda pada pusat distributor Anda. Hal ini memastikan perencanaan produksi yang telah ditingkatkan dan sebagai hasilnya, mengurangi pemborosan aset produksi.

8.   Standarisasi Prosedur

Akhirnya, dengan mengimplementasikan sebuah sistem tunggal untuk semua distributor, Anda dapat memastikan bahwa semua proses distribusi yang Anda inginkan terstandarisasi. Yang paling penting adalah karena semua pihak terlibat merujuk ke sistem yang sama. Hanya akan ada satu versi sumber, mengeliminasi kemaju munduran yang tidak penting ketika ada peristiwa konflik.

Dari delapan alasan yang sudah dijabarkan di atas, dapat disimpulkan bahwa memang keberadaan dan fungsi dari software sistem manajemen distributor sangatlah penting untuk menunjang jalannya bisnis, termasuk juga perusahaan-perusahaan FMCG. Setiap orang percaya bahwa waktu adalah uang dan sistem manajemen distribusi yang cerdas bisa menyelamatkan keduanya. 

DMSS adalah solusi yang membantu Anda mengendalikan sales Anda secara keseluruhan dalam pendekatan yang sistematis. Semakin banyak Anda menjual, semakin banyak profit yang Anda buat, mengimplikasikan masa depan yang cerah untuk perusahaan Anda.

Untuk solusi sistem manajemen distribusi yang kuat dan cerdas, serahkan saja pada Sidig. Aplikasi Sidig merupakan portal distribusi all-in-one untuk bisnis Anda untuk mengoptimalkan manajemen supply chain dan juga layanan after sales produk dan jasa bisnis Anda sehingga mampu mendukung operasional bisnis dan pelaksanaan regulasi perusahaan Anda.

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp
👋 Halo,ada yang bisa kami bantu?