Aplikasi Sales dan Distribusi

by | Oct 13, 2022 | Blog, Distribusi Produk

Sales dan distribusi merupakan dua bagian penting dari aktivitas supply chain. Distribusi adalah salah satu proses yang sangat menentukan terjadinya sales, sehingga penting untuk dilaksanakan dengan sebuah strategi sehingga prosesnya berjalan lancar. Sales merupakan pihak yang punya peran utama terjadinya penjualan produk atau jasa bisnis perusahaan Anda kepada konsumen.

Sekarang sudah ada banyak sekali aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh berbagai pihak dari anggota rangkaian supply chain mulai dari supplier hingga ritel. Pemanfaatan teknologi ini tentunya sangat membantu kemudahan dan kelancaran setiap prosesnya. Aplikasi merupakan sebuah tool yang memungkinkan untuk segala prosesnya terkomputerisasi dan terautomasi sehingga jadi lebih praktis, efektif, dan efisien.

Saat ini, di mana teknologi sedang berkembang pesat, aplikasi sales dan distribusi tentu sudah banyak keberadaannya. Setiap aplikasi sales dan distribusi pasti punya fitur-fitur yang mendukung prosesnya, tinggal disesuaikan saja variasinya dengan kebutuhan bisnis Anda.

Manajemen Sales dan Distribusi

Pada model tradisional, memonitor sales merupakan tugas yang sangat rumit di mana kita butuh untuk melacak total inflow dan outflow dari produk perusahaan pada setiap levelnya. Untuk mengelola tugas-tugas yang kompleks ini, pasti dibutuhkan sebuah tool yang mumpuni daripada sebuah pendekatan tradisional.

Pendekatan sempurna yang aman untuk sales dan distribusi yaitu dengan sistem dari aplikasi sales dan distribusi seperti Sidig. Di dunia yang serba ada di mana semuanya bisa dibeli atau dijual, kompetisi utamanya terganjal pada pasar di mana adanya tantangan untuk menemukan cara terbaik untuk menjual dan cara terbaik untuk mendekati konsumen.

Kita semua paham tentang cara tradisional dari pola penjualan primer dan sekunder. Untuk manajemen sales dan distribusi, kita butuh manajemen inventaris yang efisien untuk melacak total inflow dan outflow produk pada setiap tingkatannya.

Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan automasi dari proses distribusi downstream bersamaan dengan keseluruhan saluran penjualan dan mengurangi kendala komunikasi pada semua levelnya. Perusahaan pasti ingin mencapai bisnis dengan maksimal namun memang kadang ada saja rintangan yang menghadang di tengah jalan.

Tantangan dalam Sales dan Distribusi

Dalam perjalanannya, sales dan distribusi tidak luput dari permasalahan dan kendala. Ada tantangan-tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh pihak distributor dan juga sales. Berikut adalah tantangan yang biasanya ditemui oleh bagian distribusi dan sales:

  • Cara mengelola stok di level sekunder
  • Cara mengelola portal pemroses supply chain
  • Manajemen level sekunder dari mata rantai bisnis
  • Cara meningkatkan hubungan dengan distributor dan dealer Anda
  • Kemungkinan untuk melacak dan meningkatkan sales sekunder

Bagaimana Sidig Membantu Menghadapi Tantangan Sales dan Distribusi

Ada sebuah aplikasi yang sangat fungsional untuk menjalankan proses distribusi dan sekaligus juga sales dalam melacak lokasi barang, melacak ketersediaan barang, peta penyebaran barang, dan khususnya untuk pemberian layanan after sales. Berikut bagaimana Sidig bekerja untuk membantu perusahaan dalam menghadapi tantangan-tantangan yang ada:

  • Mengelola alur stok dengan cara efisien, untuk menyediakan pemberitahuan awal pada ketersediaan barang
  • Mengelola seluruh lintasan mata rantai secara efektif dari dealer dan distributor
  • Menyediakan visibilitas real-time dan transparansi dari stok primer dan sekunder
  • Menyediakan banyak fitur yang bisa digunakan sebagai business intelligence tool untuk meningkatkan transaksi yang akan datang di sales & marketing

Sidig untuk Manajemen Sales dan Distribusi

Penjajahan modern dalam rangka membuat segala prosesnya sistematis sudah sangat membantu dalam dua hal yaitu: menciptakan kemudi yang dikembangkan dengan sistem CRM untuk meningkatkan kapasitas sales. Sidig menjadi tool yang sangat mutlak keberadaannya untuk kepentingan distribusi dan sales. Ada beberapa langkah dalam proses sales-distibusi dan banyak sekali cara untuk melakukan pendekatannya:

  • Punya tujuan utama menjual sebuah produk atau jasa, diluar apa yang seseorang butuhkan hingga memutuskan siapa yang mungkin membutuhkannya, dan benar-benar paham permintaan target audiens. Menemukan jangkauan yang luas dari klien potensial yang tertarik.  Mungkin sedikit lambat tetapi kemudian pasti akan melangkah ke tahap berikutnya yaitu membagi mereka ke sub kategori untuk menentukan pendekatan personal dan memancing mereka dengan produk khusus.
  • Informasi mengenai kustomer merupakan hal yang sangat esensial dan penting, sehingga siapapun yang mempunyai informasi terkait hal yang dibutuhkan tersebut akan mempunyai customer loyalty. Pendekatan konsumen yang terpersonalisasi telah terbukti menjadi cara yang paling produktif untuk memastikan pembelian berulang dari konsumen. Dalam rangka menjadi lebih dekat dengan konsumen, Anda harus mengumpulkan informasi tentang kebutuhan mereka dan apa interest mereka yang mungkin dilakukan dengan sistem aplikasi Sidig.
  • Penting juga, lho, untuk menghubungi konsumen di waktu yang tepat dengan informasi yang tepat, menawarkan produk yang adalah kebutuhan atau interest mereka. Automasikan proses dengan Sidig dan biarkan karyawan Anda dengan bebas untuk secara personal menghubungi konsumen dengan prospek khusus.

Retensi Konsumen

Sidig membantu perusahaan Anda untuk mempertahankan konsumen lama dan juga konsumen yang mungkin telah meninggalkan layanan Anda. Hal ini dapat menjadi sebuah bagian dari langkah strategik dari proses perencanaan sales dan marketing dari perusahaan apapun.

Penting untuk menjabarkan retensi konsumen dan juga untuk memahami bagaimana cara mengukurnya. Sidig hadir dengan fungsi luasnya untuk memberikan layanan after sales bagi konsumen sehingga dengan pemberian layanan after sales, loyalitas konsumen pun juga akan meningkat tentunya.

Sidig memfasilitasi seluruh ekosistem dalam lifecycle distribusi produk dari hulu ke hilir dan layanan after sales untuk pelanggan. Dengan berbagai fitur seperti statistik penjualan, statistik garansi, warranty validation, dan masih banyak lagi; Sidig tentu akan melancarkan segala proses bagian sales dan distribusi. Pelajari selengkapnya di https://sidig.id/

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp
👋 Halo,ada yang bisa kami bantu?