Sidig: Software Distribusi yang Terintegrasi dengan Sistem Garansi

by | Jan 20, 2023 | Blog, Distribusi Produk

Aktivitas pendistribusian barang menjadi hal yang perlu diperhatikan bagi distributor. Hal ini menjadi sebuah tanggung jawab besar. Karena mereka harus memastikan barang yang sampai ditangan konsumen dalam keadaan yang baik tanpa cacat. Tapi apakah selalu demikian?

Permasalahan Pendistribusian Barang

Nyatanya, tidak jarang permasalahan timbul yang akhirnya merugikan salah satu pihak baik konsumen maupun pihak distributor. Berikut beberapa permasalahan yang sering timbul dalam aktivitas distribusi barang yang belum menggunakan software distribusi: 

Pendataan Barang Yang Tidak Real-Time

Hal ini sering terjadi ketika pendataan barang masih dilakukan secara tradisional atau manual. Pada akhirnya kehabisan stok atau penumpukan stok sulit dihindari karena data yang belum terupdate dengan sempurna.

Banyaknya barang yang berada di gudang yang belum masuk kedalam sistem juga menjadi tantangan tersendiri. Hal ini berkaitan dengan pencarian barang tertentu yang membutuhkan waktu dan tenaga dalam melakukannya.

Pelayanan Konsumen

Bagi perusahaan skala kecil, mungkin belum mengalami penumpukan data konsumen. Lalu bagaimana dengan perusahaan skala besar atau perusahaan skala kecil namun sudah memiliki banyak konsumen?

Kejadian ini memungkinkan sulitnya mengelola barang dalam memenuhi permintaan konsumen. Tentu saja hal ini dapat dihindari bila perusahaan sudah menggunakan software distribusi yang memiliki sistem otomatis.

Kesalahan Penagihan dan Manipulasi Biaya

Pelaporan biaya yang belum menggunakan software distribusi rentan akan kesalahan dan manipulasi. Pendataan biaya dianggap kurang akurat dan transparan karena memungkinkan terjadinya kecurangan. Sehingga hal ini menjadi salah satu faktor penyebab kerugian.

Transportasi Distribusi

Pernah mengalami kesulitan dalam mengukur efisiensi transportasi distribusi? Hal ini terjadi karena terdapat perkiraan-perkiraan yang masih dirasa kurang pas. Sehingga hasilnya tidak real dan memicu kesalahan baru. Tentu hal ini tidak akan ditemui jika anda sudah menggunakan software distribusi yang pas.

Barang Cacat Tanpa Jaminan atau Garansi

Beberapa distributor mungkin sudah mulai aware dan peduli akan keamanan barang. Namun bagaimana dengan yang belum? Belum lagi tidak semua distributor sudah menggunakan garansi untuk tiap barang yang akan didistribusikan. Tentu saja konsumen akan menjadi pihak yang sangat dirugikan. 

Software Distribusi Indonesia Yang Menunjang Aktivitas Distribusi

Menanggapi kebutuhan para pelaku usaha khususnya distributor, software distribusi indonesia semakin menjamur dan siap mengupgrade bisnis terlebih dalam hal pendistribusian barang. 

Software distribusi disebut dengan perangkat lunak yang memanajemen seluruh kegiatan penjualan sebuah perusahaan. Dimana seluruh kegiatan penjualan mencakup manajemen pesanan, pemantauan harga yang berlaku, pengiriman barang sampai dengan penagihan.

Lalu mengapa pelaku usaha harus menggunakan software distribusi?

Keuntungan Menggunakan Software Distribusi

Aktivitas Distribusi yang menggunakan perangkat lunak, akan jauh lebih mudah dalam pemantauannya dibanding manual. Adapun beberapa keuntungan menggunakan software distribusi sebagai berikut:

  • Manajemen barang lebih terorganisir
  • Analisis data barang secara real-time
  • Mitigasi human error
  • Efisiensi waktu dan tenaga
  • Adanya beberapa software distribusi yang terintegrasi garansi

Dengan beberapa keuntungan diatas, tentunya menjadi sebuah kabar gembira bagi pihak distributor maupun konsumen. Dari segi konsumen, mereka akan lebih percaya karena terdapat jaminan atas keamanan barang mereka. Sedangkan dari distributor, aktivitas distribusi akan jauh lebih efisien dan produktif sehingga mendorong tercapainya goals salah satunya adalah customer trust dan loyalty.

Sidig: Software Distribusi Terbaik Yang Terintegrasi Garansi

Salah satu software distribusi bergaransi yang patut anda gunakan adalah Sidig. Dilengkapi dengan fitur yang all in one, Sidig siap untuk meningkatkan produktivitas perusahaan dan kenyamanan konsumen lewat benefit-benefit yang diberikan.

Kontrol dari awal hingga akhir serta sistem yang saling terhubung menjadi sebuah jalan menyederhanakan seluruh jalur kerja distribusi. Sehingga kegiatan distribusi berjalan secara cepat namun tetap terawasi.

Alur Kerja Sidig

Sitem kerja atau alur kerja Sidig terbagi menjadi 5 tahapan sebagai berikut:

1. Tahap Registrasi

Distributor Utama akan meregistrasi barang dan penjadwalan perawatan.

2. Pendaftaran Garansi atau Penjualan

Pihak toko akan menerima barang dari distributor utama yang nantinya akan dilakukan pendaftaran garansi barang.

3. Klaim dan Permohonan Perawatan

Customer dapat melakukan klaim garansi ataupun permintaan permohonan perawatan.

4. Perbaikan dan Perawatan Sesuai Request

Selanjutnya, pihak pusat servis akan menanggapi permohonan konsumen. Hal ini mencakup kegiatan perbaikan dan perawatan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada.

5. Report Instan

Di Tahap terakhir ini, distributor utama akan mendapat laporan dari seluruh aktivitas pada platform secara instan dan cepat.

Benefit Menggunakan Sidig

Setelah memahami alur kerja Sidig, berikut beberapa benefit yang anda dapatkan:

1. Lebih Mudah Melacak Barang

Pelacakan secara otomatis dapat memudahkan kegiatan distribusi anda. Didukung oleh fitur software distribusi yang lengkap sehingga lebih praktis dan cepat.

2. Lebih Sigap Memanajemen Keluhan Konsumen

Aktivitas dan keluhan konsumen yang terekam otomatis dalam sistem, dapat membantu anda dalam mendokumentasikan dan menangani keluhan secara gesit. Hal ini sebagai salah satu usaha mencapai kepuasan konsumen.

3. Lebih Memaksimalkan Pelayanan After Sales

Sistem yang terintegrasi, dapat mempermudah anda dalam hal pengelolaan layanan after sales produk. Pelayanan after sales yang termanage dengan baik maka akan berimbas pada naiknya kepercayaan konsumen.

4. Lebih Efisien dan Cepat

Anda dapat dengan mudah mengelola klaim garansi barang yang karena segala halnya sudah tersistem dengan baik dan terorganisir.

5. Lebih Mudah Mengelola Perawatan Barang

Beberapa aktivitas perbaikan atau maintenance barang jauh lebih mudah sehingga dapat meningkatkan kualitas barang dan pelayanan anda.

6. Lebih Mudah Memanajemen Pemesanan

Dengan menggunakan software distribusi yang terintegrasi, memungkinkan anda untuk menjangkau konsumen lebih banyak dan menyederhanakan pengelolaan melalui e-commerce Sidig.

Tingkatkan Kepercayaan Pelanggan Anda

Setelah mengetahui beberapa hal diatas, apakah anda akan tetap melakukan kegiatan distribusi secara manual? Atau mulai mengupgrade pelayanan anda dengan software distribusi bergaransi?

Kenali kami lebih dalam dengan free demo yang kami sediakan!

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp
👋 Halo,ada yang bisa kami bantu?