Software Preventive Maintenance untuk Optimalkan Bisnis

by | Aug 16, 2022 | Blog, Preventive Maintenance

Peralatan kerja dan aset perusahaan merupakan komponen penting untuk menunjang kinerja perusahaan. Salah satu strategi untuk menjaga performa peralatan supaya tetap optimal yaitu dengan mengadakan preventive maintenance (PM).

Preventive maintenance merupakan aksi memberikan tindakan berupa pemeliharaan peralatan dan aset perusahaan guna mencegah terjadinya kerusakan atau gagal fungsi peralatan dan mesin. Dengan menjaga pemeliharaannya, maka akan terjaga juga masa pakai atau umur peralatan-peralatan tersebut.

Di era industri 4.0 ini, ranah digital semakin bertumbuh. Banyak teknologi terus dikembangkan untuk memenuhi tantangan jaman. Sama halnya untuk urusan preventive maintenance. Keberadaan teknologi akan sangat membantu dalam proses pelaksanaannya. Software aplikasi preventive maintenance Sidig hadir untuk membantu tim pemeliharaan dalam melakukan pengelolaan peralatan kerja dan aset perusahaan.

Preventive Maintenance

Preventive maintenance adalah sebuah aktivitas rutin pemeliharaan yang dilakukan pada sejumlah peralatan kerja dan aset untuk menjaganya tetap berfungsi dengan optimal dan mencegah downtime secara mendadak atau biaya reparasi darurat. Situasi industrial sangat bergantung pada pemeliharaan terjadwal secara teratur untuk tetap produktif sepenuhnya dan bebas dari kerusakan mekanis yang mahal dan membuang waktu.

Apa itu Software Preventive Maintenance?

Setiap komponen produksi di dalam sistem akan membutuhkan beberapa level dari servis reguler dan mereka juga biasanya membutuhkan paling tidak pembersihan dan pelumasan. Di situasi berbeda, servis yang lebih intensif mungkin akan membutuhkan keterlibatan pengkondisian ulang yang cukup menyeluruh, perbaikan, atau bahkan penggantian bagian tertentu.

Pada level yang cukup tinggi, preventive maintenance juga melibatkan pemeliharaan kilang fisik yang menjadi tempat berbagai sistem produksi. Tugas general yang tergabung dalam tipe preventive maintenance ini termasuk memastikan sistem HVAC bekerja dengan baik, semua sistem kelistrikan berfungsi dan sesuai dengan kode standarnya, dan semua pencahayaan yang penting beroperasi dengan benar.

Manajemen preventive maintenance terkadang bisa menjadi sulit untuk dilakukan, sehingga banyak perusahaan perlu mengatasinya dengan sistem manajemen pemeliharaan yang terkomputerisasi (CMMS). Software preventive maintenance adalah sebuah program yang didesain spesial untuk membantu semua aspek perencanaan dan eksekusi preventive maintenance.

Software PM membantu mengurangi biaya operasi dan menawarkan efisiensi operasional yang meningkatkan profitabilitas. Selain itu, software PM juga mencegah masalah sebelum mereka terjadi, menjaga operasional perusahaan berjalan dengan lancar menggunakan pemeliharaan yang dapat dipercaya dan sistem inspeksi.

Keuntungan Penggunaan Software Preventive Maintenance

Berikut dua keuntungan utama yang diberikan oleh software aplikasi preventive maintenance:

1. Program preventive maintenance akan membantu menekan biaya operasional

Sebuah software program preventive maintenance yang baik akan mengurangi downtime mesin yang mahal, membantu memastikan semua peralatan penting dan onderdil tersedia sebelum PM dimulai, dan mengurangi reparasi reaktif yang mahal.

2. Software preventive maintenance akan meningkatkan produktivitas

Perencanaan dan penjadwalan kerja yang lebih baik dapat memaksimalkan efisiensi dari kinerja karyawan, sehingga PM dapat terselesaikan dengan lebih cepat juga.

Fitur-fitur yang Harus Ada di Software Preventive Maintenance

Software preventive maintenance harus mempunyai fitur-fitur utama yang mendukung proses pelaksanaan pemeliharaan. Beberapa fitur wajib dari software PM yaitu:

  • Scheduling
  • Work order
  • Reporting
  • Checklist
  • Documentation

Free Demo Sidig

Konsultasikan dan coba solusi manajemen garansi dari Sidig untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik

Join Our Newsletter

Dapatkan Insight dan Update Terbaru Seputar Manajemen Pelanggan

 

Follow Us

Konsultasikan langsung kebutuhan Anda dengan Sales Representative kami!

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui Whatsapp
👋 Halo,ada yang bisa kami bantu?